Februari 28, 2024

JAKARTA – Apakah ada biaya pendaftaran sekolah negeri? Saat ini, masih ada masyarakat yang ragu dengan informasi penerimaan sekolah negeri. Satu hal yang masih belum jelas adalah apakah pendaftaran sekolah negeri itu gratis atau berbayar.

Seperti diketahui, sekolah negeri merupakan sekolah yang melekat pada lembaga negara. Dari situ, lulusannya berkesempatan menjadi Aparatur Sipil Negara (SSC) di bidang spesialisasi terkait. Untuk menjawab pertanyaan apakah pendaftaran sekolah itu gratis atau berbayar, simak artikel ini, check it out.

Mendaftar di sekolah gratis atau berbayar?

Sedangkan untuk pendaftaran tahun 2023, umumnya tidak ada biaya resmi pendaftaran sekolah. Meski beasiswa ini gratis, namun peserta harus membayar biaya pendaftaran pada saat seleksi.

Setiap sekolah negeri mempunyai biaya pendaftaran yang berbeda-beda sesuai dengan syarat seleksi dan peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

Melihat pendaftaran 2023, pada kolom seleksi yang terdapat biaya pendaftaran juga terlihat tulisan Kode Billing yang tidak semua pendaftar paham.

Berdasarkan laman FAQ Dikdin, Kode Billing merupakan kode pembayaran yang harus dibayarkan. Kode ini akan tersedia ketika manajemen diberitahu tentang wanprestasi dan peserta diwajibkan untuk mematuhi persyaratan Sekolah Mandiri untuk pembayaran Kode Pembayaran.

Artinya, peserta harus membayar ketika dipastikan lolos opsi pengelolaan. Menurut PP no. Nomor 63 Tahun 2016, biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 untuk menyelesaikan seleksi Computer Assisted Test (CAT) pada Badan Kepegawaian Negara.

Biaya pendaftaran untuk sejumlah sekolah bisnis

1. Sekolah Lingkungan Hidup Negeri (PTAN)

Biaya pendaftaran STAN sebesar Rp350.000,- yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Kementerian Keuangan (Permenkeu) Nomor 27/PMK.05/2021 tentang Biaya Pelayanan Badan Layanan Umum Politeknik Keuangan Negara STAN yang masih berlaku hingga saat ini.

2. Sekolah Perlindungan Lingkungan Hidup Negeri (PTIN)

Calon yang STINnya dinyatakan lulus administrasi wajib membayar biaya pernyataan SKD sebesar Rp 50.000.

3. Institut Ilmu Administrasi Dalam Negeri (IPDN)

Penyelenggaraan SCPD IPDN 2023 tidak dipungut biaya. Namun sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016, peserta akan dikenakan biaya pendaftaran SKD sebesar Rp50.000.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIS)

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2015 tentang Jenis dan Tarif Pendapatan Negara Tidak Kena Pajak yang berkaitan dengan Badan Pusat Statistik, peserta opsi STIS dikenakan biaya opsional sebesar AMD 300.000,5. Universitas Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Biaya pendaftaran STMKG terdiri dari tiga jenis, yaitu Biaya Pendaftaran Rp75.000, Biaya Pengajuan SKD Rp50.000, dan Biaya Pelaksanaan SKB Rp50.000.

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Biaya pendaftaran SNN Poltek dua kali lipat, biaya pendaftaran SKD Rp 50.000, dan biaya seleksi sekolah Rp 50.000. Kedua dakwaan tersebut terkait dengan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *