Maret 3, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Kereta akan menambah jumlah perjalanan kereta api (KA) antara 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. Pemaparan Dalam RDP, Grup KAI kali ini dalam rangka Natal – Berita Liburan Tahunan ditambahkan. 86 perjalanan lagi.

“Sekarang kita tingkatkan menjadi 84 perjalanan kereta api per hari, jadi ada peningkatan sekitar 20 persen,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Secara total, grup KAI menyediakan 6.113.934 kursi per hari atau rata-rata 339.663 kursi, meningkat hampir 20 persen dibandingkan tahun lalu dan merupakan perjalanan kereta api tertinggi tahun ini.

Rinciannya, total kapasitas tempat duduk sebanyak 2.743.786 kursi travel standar dan 3.288.690 kursi travel tambahan. Jumlah penumpang maksimum diperkirakan pada Sabtu (23/12).

Untuk menjamin kelancaran pelayanan angkutan pada periode Natal dan Tahun Baru ini, DDDC menyatakan berbagai penataan lain tengah dilakukan, seperti pemeriksaan ramp atau penyelesaian tingkat pelayanan minimum (SPM) baik kantor maupun stasiun kereta api pada Dap 1.dari Jakarta hingga Daop 9 Jaber dan Divre 1 Sumut dari Divre 4 dan Tanjungkarang.

Petugas KAI akan melakukan penyelidikan bersama Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (dari Menhub), KNKT dan kepolisian mulai Daop 1 hingga Daop 9.

Selain itu, akan dilakukan posko pemesanan Natal-Tahun Baru mulai 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024. KAI juga akan menjaga sarana dan prasarana pos dan perbekalan material dalam keadaan siaga (AMUS) untuk mencegah gangguan perjalanan terhadap sarana dan prasarana. dan menempatkan lebih banyak petugas keamanan.

Soal cuaca hujan, kami mendapat laporan adanya longsor di Daop 5 Purwokerto tadi malam pukul 01.00. Kemungkinan ada longsor di sana dan sekarang sudah menghadap kami sehingga kami alihkan dari Purwokerto ke Bandung lewat Cirebon, katanya.

Begitu pula di bidang keamanan dan ketertiban, KAI mengoordinasikan dan meningkatkan pengamanan di bidang-bidang yang rawan keamanan dan ketertiban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *