Februari 26, 2024

Jakarta – Umat Islam akan segera merayakan Idul Adha 1444 Hijriah/2023. Masehi yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjat.

Merayakan Idul Adha di bulan Dzul-Hijjah mempunyai banyak manfaat yang bisa diraih umat Islam melalui dzikir, bersedekah, membaca Al-Qur’an dan berpuasa. Ada tiga puasa sunah Idul Adha yang bisa dilakukan umat Islam.

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, bahwa Rasulullah, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, bersabda:

“Tidak ada hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah jika Allah tidak melindungi dirinya dari api neraka selama tujuh puluh tahun dengan puasanya.” (HR Bukhari Muslim).

Allah (swt) menyukai umatnya yang berpuasa, baik yang wajib maupun sunnah, masing-masing akan mendapat manfaat yang besar. Oleh karena itu, umat Islam bisa berpuasa sunnah Idul Adha.

Berikut dikutip dari situs resmi NU dan merupakan penjelasan tentang puasa 3 sunnah Idul Adha, beserta bacaan niatnya: 1. Puasa zulhijjah

Puasa Sunnah Dzulhijjah merupakan puasa yang dilakukan umat Islam pada hari pertama hingga hari kesembilan bulan Dzulhijjah. Secara spesifik, hari kedelapan disebut puasa tarwija, dan hari kesembilan disebut puasa arefa.

Durasi sunah Dzulhijjah ini sama dengan puasa pada umumnya, yaitu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Selama puasa, hal-hal yang dapat merusak puasa dan puasa lainnya harus dihindari.

Bagi yang berhutang puasa Ramadhan, diperbolehkan mengqadha bersamaan dengan puasa sunah Dhu al-Hijjah.

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan mulia atau Ashurul Hurum, akan ada beberapa kelebihan pada bulan tersebut dibandingkan bulan lainnya.

Oleh karena itu, puasa pada bulan tersebut juga mendapat keutamaan. Umat ​​Islam yang berpuasa Dzulhijjah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah akan memperoleh pahala yang berlipat ganda dibandingkan ibadah pada bulan lainnya. Inilah yang disabdakan Nabi SAW:

“Tidak ada hari yang lebih disukai Allah untuk beribadah selain sepuluh hari pertama Zul Hijjat, satu hari puasa di dalamnya sama dengan satu tahun puasa, satu malam shalat malam sama dengan shalat di malam Lailatul. “Qadr” (HR At-Tirmizi).

Makna yang bisa diibaratkan puasa satu tahun pada hadis di atas adalah satu tahun puasa sunnah, puasa bulan Ramadhan. Puasa niyat dimulai pada tanggal 1-7 Dzulhijjah

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi te’âlâ.

Artinya: “Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.” Niyat puasa dimulai pada tanggal 1-7 Zul-Hijjat yang dibacakan setelah subuh

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi te’âlâ.

Artinya: “Hari ini saya akan berpuasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah SWT.”

Mengutip SKB tiga menteri, Zulhijah jatuh pada tanggal 20-27 tahun ini. Juni 2023. Sementara itu, mengacu pada keputusan Muhammadiyah, puasa Zulhijjah jatuh pada tanggal 19-26. Juni 2023.2. Tarwiyah cepat

Terwiyah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada tanggal 8 Dhu al-Hijjat. Hari Tarwiyyah merupakan hari kedelapan bulan Dzulhijjah yang mempunyai makna renungan atau renungan. Oleh karena itu, hari Tarwiyah identik dengan renungan dan renungan atas peristiwa yang masih penuh keraguan.

Ada tiga pendapat mengenai penamaan tanggal 8 Dzulhijjat sebagai hari Tarwiyyah, yang pertama karena memikirkan Nabi Adam ketika beliau sedang membangun Ka’bah, yang kedua karena memikirkan secara mendalam tentang Nabi Ibrahim setelah beliau bermimpi disuruh menyembelih. dia. nak, dan yang ketiga karena renungan jamaah atas shalat yang dipanjatkan di samping Aref keesokan harinya.

Niat belajar puasa tarwi adalah sebagai berikut: Niat ibadah puasa setelah subuh.

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i tarwiyata sunnatan lillâhi te’âlâ.

Artinya: “Pada hari ini saya niat puasa sunnah terwiah karena Allah Ta’ala. Niat puasa terwiah dibaca pada malam hari.

Nawaitu shauma ghadin ‘an ad?’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta’?l?.

Artinya: “Besok saya akan puasa sunnah tarwi karena Allah.”

Mengutip situs SKB tiga menteri, puasa tarwiah tahun ini jatuh pada Selasa 27 Juni 2023. Namun setelah ada keputusan Muhammadi, puasa tarwiya jatuh pada 26 Juni 2023.3. Arafat cepat

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah, yaitu tanggal 9 Zul Hijjat tepat satu hari sebelum Idul Adha.

Puasa ini sangat dianjurkan bagi orang yang tidak menunaikan ibadah haji. Umat ​​Islam yang berpuasa Arafat akan mendapat keistimewaan yang sangat luar biasa, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut.

Abu Qatada, semoga Tuhan mengasihani dia, meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

“Puasa pada hari Arafat dapat menghapus dosa dua tahun dan satu tahun yang akan datang, dan puasa Asyura (10 Muharram) menghapus dosa satu tahun yang lalu” (HR Muslim).

Adapun hadisnya, sebagian besar ulama berpendapat bahwa dosa-dosa yang terhapus dengan berpuasa di Arafat adalah dosa-dosa kecil. Puasa Arafat mempunyai manfaat lain yaitu umat Islam yang melaksanakannya akan terbebas dari segala macam api neraka.

Sebab, sebagaimana Nabi SAW, disebutkan dalam hadis bahwa Allah lebih banyak membebaskan hamba-hamba-Nya dari api neraka pada hari Arafat dibandingkan hari-hari lainnya.

“Tidak ada hari yang mana Allah mengeluarkan hamba-hamba dari Neraka lebih dari pada hari Arafah, dan Dia sungguh-sungguh menghampiri mereka dan mengagungkan mereka di hadapan para malaikat sambil bersabda: “Apa yang mereka inginkan? (HR Muslim).

Niat yang wajib dibaca saat puasa Arefat adalah sebagai berikut: Niat puasa Arefat dibaca pada malam hari.

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi te’âlâ.

Artinya: “Besok saya akan puasa sunah Arefa karena Allah.” Niat puasa arefa yang dibaca setelah subuh

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i arafata sunnatan lillâhi te’âlâ.

Artinya: “Hari ini saya akan puasa sunah Arefa karena Allah Ta’ala.”

Puasa Arafah tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 28 Juni 2023. Jika anda menganut paham muhammadiyah maka puasa arafah jatuh pada tanggal 27 Juni 2023. Mengenal Ritual Dzat Geni, Cara Khusus Meredakan Pasangan Membunuh Nafsu Dzat Geni dilakukan secara diam-diam dalam keadaan yang tenang. ruangan yang sangat gelap. Oleh karena itu, untuk melaksanakan ritual tersebut perlu disiapkan gel room kabarbin.com.co.id pada tanggal 30 November 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *