Februari 26, 2024

JAKARTA – Teleskop luar angkasa sinar Gamma Fermi milik NASA telah menemukan 300 bintang neutron unik yang disebut pulsar. Bintang-bintang ini berputar dengan cepat dan memancarkan cahaya dari kutubnya. Bintang neutron memiliki materi yang sangat padat. Bobotnya bisa mencapai 1 miliar ton atau setara dengan gunung.

Tak hanya cantik dipandang, pulsar ini akan sangat berguna untuk misi eksplorasi luar angkasa di masa depan. Pulsar yang ditemukan NASA ibarat mercusuar seukuran kota di luar angkasa. Beberapa pulsar berputar sangat cepat, hingga ratusan kali per detik.

Kamis (30/11/2023) Mashable melaporkan bahwa menemukan dan memetakan pulsar secara ilmiah sangat menarik. Objek-objek ini memberikan wawasan tentang evolusi bintang, sejarah galaksi, dan suatu hari nanti dapat digunakan untuk memberikan kemampuan seperti GPS untuk perjalanan ruang angkasa.

Teleskop Sinar Gamma Luar Angkasa Fermi telah menemukan banyak pulsar di galaksi Bima Sakti. Pulsar-pulsar ini memiliki keunikan tersendiri, hanya 10 persen pulsar yang diyakini memancarkan sinar gamma, bentuk energi paling kuat, ke luar angkasa.

“Katalog baru ini menyatukan informasi komprehensif tentang semua pulsar sinar gamma yang diketahui dalam upaya merangsang penelitian baru,” kata David Smith, direktur penelitian di Laboratorium Astrofisika Bordeaux, yang mengerjakan katalog yang baru saja diterbitkan.

Di masa depan, pesawat ruang angkasa akan dapat mengandalkan objek yang berputar cepat ini untuk bernavigasi di luar angkasa, wilayah tanpa GPS atau layanan seperti Google Maps.

“Anda dapat mengukur denyut pulsar yang tersebar ke berbagai arah di sekitar pesawat ruang angkasa untuk mengetahui di mana kendaraan tersebut berada dan menavigasi ke mana pun ia pergi,” kata Zaven Arzoumanian, ilmuwan pulsar NASA.

“Inilah cara kerja sistem GPS di Bumi, dengan jam akurat yang terbang di satelit yang mengorbit.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *