Februari 27, 2024

Madura – Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Yakut Cholil Kumas berpesan kepada ulama Mahad Ali Nurul Cholil untuk melestarikan warisan adat dan mengembangkan teknologi.

Menteri Agama Yaqut pada Ahad mengatakan pada acara wisuda Mahad Ali Nurul Cholil di Bangkalan, Madura, Jawa Timur: “Jangan sampai sarung dan sorban yang kamu kenakan sekarang hilang, tapi tambahkan keterampilan lain seperti belajar teknologi”, 15 Oktober 2023

“Mempelajari teknologi,” kata Menag, “adalah tugas yang penting.” Karena di masa depan, semua orang akan membicarakan teknologi. “Hampir tidak ada yang tidak bisa dilakukan masyarakat dengan menggunakan teknologi, hanya saja tidak ada,” kata Gus Men, nama samaran Menteri Agama.

Selain perlunya para ulama menyerap pembaruan modern, putra ulama besar Nahdlatul Ulama (NU) KH M. Jholil Bisri ini juga berpesan kepada para mahasantri untuk meneladani dan meneladani Syaykhana Khalil Bangkalan.

Mahasantri hendaknya mencontoh kompleksitas dan keberagaman Syaykhana Khalil, ujarnya.

“Anda mendapat nama Syaykhana Khalil yang merupakan ulama Mahad Ali Nurul Jholil, jadi jika perilaku Anda tidak sama dengan Kia Khalil atau tidak sepenuhnya bertentangan dengan Kia Khalil, Insya Allah tidak ada gunanya,” Gus Pria melanjutkan.

Menurut Gus Mena, pengalaman Saykhana Khalil menghadapi perubahan peradaban juga harus menjadi batu loncatan bagi Mahasantri untuk menjalankan perannya.

“Saykhona Khalil adalah seorang pendeta yang mempunyai kemampuan multifaset yang tidak akan pernah dimiliki oleh orang biasa, pendeta biasa beserta cucu dan cicitnya tidak bisa,” jelas pria kelahiran Rembang ini. 7 Januari 1975.

Saykhona Khalil adalah seorang “ilmuwan” spiritual yang tidak hanya menguasai isu-isu ilmiah, tetapi juga geopolitik,” tambahnya.

Menurut Menteri Agama Yakut Syakhona, Khalil melahirkan N.U pada tahun 1926. Kelahiran ini khususnya bermula ketika beliau berbicara mengenai krisis yang sedang dihadapi tanah Hijaz.

Sementara itu, KH Ahmad Faqat Zubair selaku Modir Mahad Ali Nurul Cholil Bangkalan menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama sekaligus mengucapkan selamat kepada para wisudawan.

“Kami mengucapkan selamat kepada Mahasantri Marhala Ula Mahad Ali Nurul Cholil atas selesainya studinya, semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat khususnya bagi individu dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Menag didampingi oleh Dirjen Pendidikan Ali Ramdhani, delegasi khusus dan rombongan ahli Menag, Direktur Pendidikan Ahmad Zainul Hamdi, Direktur Wilayah Pendidikan Kemenag Timur. Jawa, Husnul Maram. , Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Ah Muzakki dan Ketua PP, Nurul Cholil, Bangkalan, KH. Zubair Muntashor, Direktur Mahad Ali Nurul Jholil KH Ahmad Fakot Zubair dan anggota RHDR RI Chasani Zubair.

Dalam kesempatan tersebut, Menag Yaqut menyampaikan sejumlah materi edukasi kepada Mahad Ali Nurul Cholil Bangkalan.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. PIMNAS ke-36 di Unpad, UMSU 2 medali dan favorit 3 tim mahasiswa UMSU berhasil meraih 2 medali perak dan 1 favorit pada ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) ke-36 di Unpad, Bandung. kabarbin.com.co.id 4 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *