Februari 28, 2024

Medan – 1.570 mahasiswa Universitas Medan (Unimed) menghadapi kerja nyata (KKN) tahun 2023 yang disebar di Provinsi Deli Serdang, Sumatera Utara. Promosi ini berlangsung mulai 10 Juli hingga 19 Agustus 2023.

Peluncuran ribuan mahasiswa KKN Unimed Sekretariat Daerah Deli Serdang dan pakar pertambangan Drs David Efrata Tarigan MSP di Lapangan Pemerintahan (Pemkab) Deli Serdang, Senin 10 Juli 2023.

“Melalui situasi ini, mahasiswa dapat beradaptasi dengan tempat dan masyarakat sebagai agen perubahan, serta melihat perubahan nyata dalam karya (KKN)”, ujar David mewakili Raja Muda Deli Serdang, H Ashari Tambunan.

Di hadapan ribuan mahasiswa Unimed, David menyampaikan bahwa sebagai cendekiawan dan agen pembangunan, mahasiswa harus kaya akan ilmu dan berbagai keterampilan dalam semangat ‘Tri LEX di perguruan tinggi yang merupakan sikap mahasiswa.

“Mahasiswa harus beradaptasi dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat, salah satunya adalah kemampuan masyarakat setempat untuk meningkatkan kebaikan,” kata David.

Selain itu, selain menuntut ilmu, David menjelaskan mahasiswa juga harus melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, ia akan siap mengikuti semua studi dan program.

“Dan pada akhirnya mereka tidak hanya rukun dan bahagia dalam menempuh pendidikan, namun mereka membawa gagasan bagi pelaksanaan pembangunan di Wilayah Deli Serdang,” jelas David.

David mengatakan dirinya adalah mahasiswa yang proaktif, mampu berkreasi dan berinovasi dalam melihat situasi dan kemungkinan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Unimed diharapkan mampu menggali prestasi yang ada di kota tersebut agar dapat hidup sejahtera dan meraih masa depan cerah.

“Saya mohon agar dapat berpartisipasi dan menghadapi KKN dengan baik dan cepat beradaptasi dengan lingkungan dengan membina hubungan yang harmonis dalam kerjasama yang baik dengan masyarakat. Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan konflik antara masyarakat dan memasak dengan sungguh-sungguh dan sangat baik pada saat ini. dan berpikir: pengetahuan, kata David.

David mengatakan kehadiran mahasiswa KKN tidak hanya memberikan dampak positif dalam pembelajaran, namun juga dapat memberikan manfaat dan kontribusi nyata bagi masyarakat Deli Serdang.

“Saya atas nama Pemerintah (Pemkab) Deli Serdang menyampaikan apresiasi atas posisi Deli Serdang yang mensukseskan kurikulum tersebut,” kata Staf Ahli tersebut.

Di sisi lain, Wakil Rektor Fakultas Ekonomi Unimed, Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi, menyampaikan mahasiswa KKN di Deli Serdang berjumlah 1.300 orang yang tersebar di 71 kota di 13 kabupaten di Wilayah Deli Serdang.

“Dalam pelaksanaannya tentunya perlu kerjasama dari kepala desa dan perangkat yang ada di desa dan kelurahan serta kabupaten, agar proyek tersebut berjalan lancar dan lancar,” ujarnya.

Ada aturan yang harus dipatuhi oleh mahasiswa, termasuk kewajiban partisipasi pejabat kota dan masyarakat, serta organisasi dan lembaga terkait. Sesuai aturan, program harus diselesaikan sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

Yang ketiga adalah sabar atau sabar. Pelaksanaan proyek tidak berhenti pada saat KKN selesai, melainkan penetapan program bagi aparatur pemerintah di desa, desa, dan masyarakat. Akhirnya proyek yang telah selesai dapat diterima oleh masyarakat. Asal Usul Bendera Bintang Kejora yang Dikirim AMP ke Yogyakarta Asal Usul Bendera Bintang Kejora yang merupakan lambang Persatuan Papua Merdeka ini rupanya mengandung versi cerita yang berbeda-beda. Lihat ulasan lengkapnya di sini. kabarbin.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *