Maret 3, 2024

kabarbin.com Lifestyle – Biasanya setelah makan malam, banyak orang yang berpikir untuk minum kopi dan kafein agar mata tetap terjaga.

Namun para ahli dan ilmuwan tidur punya ide yang lebih baik, yakni tidur.

Menurut CNA, Rabu, 29 November 2023 Jade Wu, psikolog tidur dan peneliti di Duke University, mengatakan: “Mumi mirip dengan obat peningkat kinerja, tetapi tanpa kecanduan.”

Tidur membantu kita berpikir lebih jernih, bereaksi lebih cepat, meningkatkan mood, dan meningkatkan daya ingat, katanya. Namun tidur nyenyak merupakan seni sekaligus sains, dan dibutuhkan latihan untuk menguasainya.

Menurut para ahli tidur, jika kita bekerja dari rumah atau dapat menemukan tempat yang tenang di kantor, atau jika kita memiliki waktu tidur yang terbatas di akhir pekan atau weekend, sebaiknya kita mencoba untuk tidur siang di sore hari.

Bagaimana cara mendapatkan tidur yang berkualitas?

Tetapkan waktu

Menurut Sarah Mednick Irvine, seorang profesor ilmu kognitif di University of California, waktu terbaik untuk tertidur adalah sekitar enam hingga delapan jam setelah bangun tidur di pagi hari.

Menurut Dr. Wu, ada “ritme sirkadian alami” dari pagi hingga sore, karena hormon stres kortisol dan sinyal lain yang meningkatkan kewaspadaan mulai menurun.

Dr Wu mengatakan untuk berhati-hati agar tidak tidur terlalu larut atau terlalu lama, terutama jika Anda ingin melawan insomnia, yang seperti makan terlalu banyak makanan penutup; akan memuaskan selera Anda. “

Tempat yang tenang

Duduklah di tempat yang tenang di mana Anda tidak akan diganggu dan letakkan ponsel Anda dalam mode pesawat, kata Dr. Wu.

Jika Anda memiliki akses ke kantor atau kamar tidur, pertimbangkan untuk membawa bantal, masker mata, dan penutup telinga ke kantor, kata Jessica Payne, profesor psikologi di Universitas Notre Dame.

Kemudian, cobalah menyelaraskan panca indera untuk “keluar dari pikiran dan masuk ke dalam tubuh Anda,” kata Dr. Wu, dan biarkan pernapasan Anda melambat dan dalam. “Itu membuatmu mengantuk.”

Hati-hati dengan kafein

“Kopi tidur”, saat kita mengonsumsi kafein sebelum tidur, dengan sedikit bukti bahwa kafein meningkatkan suasana hati dan kewaspadaan saat kita bangun.

Ini bisa berguna jika Anda akan bekerja pada shift malam; jika tidak, Dr. Mednick tidak merekomendasikan metode ini. Jika kafein membangunkan Anda sebelum tidur, itu bisa menjadi bumerang, katanya.

Durasi tidur

Dr Payne merekomendasikan untuk tidur hingga 20 menit, yang merupakan waktu yang cukup untuk melewati fase paling ringan dari siklus tidur, yang “masih bersifat memulihkan, tetapi mudah untuk dibangunkan”.

Menurut Dr Mednick, tidur siang singkat seperti itu, bahkan di sore hari, tidak akan mengganggu tidur malam.

“Setelah 20 hingga 30 menit, tubuh akan tertidur lelap, dan upaya untuk bangun akan terasa seperti pukulan,” kata Dr. Wu.

Dr Payne mengatakan bahwa jika tidur siang selama 20 menit membuat Anda merasa tidak enak, itu bisa berarti Anda kurang tidur, sehingga otak Anda dengan cepat memasuki “tidur lambat”.

Jika Anda punya waktu, Anda bisa memanfaatkan tidur siang selama 90 menit, yang memungkinkan siklus tidur lebih nyenyak dan memulihkan, tambahnya.

Jenis tidur ini sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan lebih banyak tidur, seperti atlet, wanita hamil, atau seseorang yang mencoba mengimbangi jam kerja yang tidak teratur.

Setel alarm

Terlepas dari berapa banyak waktu tidur yang Anda rencanakan, setel alarm sebelum tidur, kata Dr. Wu. Ini dirancang agar Anda dapat beristirahat dan mengetahui bahwa Anda akan bangun tepat waktu untuk tugas berikutnya.

Cobalah untuk bangun sepenuhnya dan mendapatkan sinar matahari atau cahaya terang, kata Dr. Mednick.

“Ini adalah sinyal yang sangat kuat bagi otak bahwa sudah waktunya untuk bangun.”

Mempercikkan air dingin ke wajah dan leher serta menggerakkan tubuh dengan berjalan cepat atau melompat juga bisa membantu, katanya. 6 Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas, Amalkan Malam Ini! Tidur merupakan kebutuhan penting bagi setiap orang. Karena tidur sangat penting untuk berfungsinya sel, organ, dan jaringan tubuh secara normal. kabarbin.com.co.id 2023, 30 November

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *