Februari 28, 2024

WASHINGTON – Raksasa teknologi Amazon telah bergabung dengan tren chatbot kecerdasan buatan (AI) dengan meluncurkan Q untuk bersaing dengan ChatGPT. Q dirancang untuk karyawan TI, perangkat lunak, dan layanan pelanggan, memungkinkan mereka mengajukan pertanyaan spesifik tentang perusahaan mereka.

Keterampilan lainnya termasuk merangkum rapat, menjelaskan kode pemrograman, dan mencari informasi di ratusan dokumen perusahaan. Kemampuan ini sesuai dengan namanya, Q, yang mengacu pada teknolog brilian dari film James Bond.

Dalam postingan blognya, Amazon mengatakan AI Chatbot baru bersifat khusus untuk tugas dan dapat disesuaikan untuk bisnis pelanggan, seperti ChatGPT Enterprise, versi ChatGPT untuk pekerja. Saat ini, Q hanya tersedia untuk pengguna Connect (layanan Amazon untuk pusat kontak) di wilayah tertentu di Amerika Serikat.

Beberapa perusahaan yang sudah menggunakan Q adalah raksasa mobil BMW, perusahaan IT Accenture dan perusahaan farmasi Gilead, tentu saja Amazon juga. Q muncul tak lama setelah Elon Musk mengumumkan bahwa bot AI miliknya akan diintegrasikan ke dalam GrokX (sebelumnya Twitter).

Q bisa mendapatkan bantuan untuk menghasilkan jawaban yang cepat dan relevan, memecahkan masalah, dan membuat konten. “Ini termasuk mengambil tindakan menggunakan data dan keahlian yang ditemukan di gudang informasi, kode, dan sistem perusahaan Anda,” kata Amazon, SINDOnews melalui Daily Mail Page, Jumat (1/12/2023).

Q dapat dikaitkan dengan data, informasi, dan sistem bisnis, sehingga dapat menjadi sumber berbagai jawaban yang relevan dengan bisnis. Semuanya dikatakan aman dan tidak tersedia untuk umum.

Karyawan dapat mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang sebelumnya mereka temukan di berbagai sumber, termasuk Google Drive, Microsoft 365, dan Dropbox. Kemampuan ini menyelamatkan mereka dari tugas membosankan mencari banyak dokumen.

Dengan cara ini, Q akan menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas bisnis. Namun, Q juga mampu melakukan jenis pekerjaan yang masyarakat umum beralih ke ChatGPT.

Q dapat membantu tugas-tugas seperti membuat postingan blog, merangkum dokumen, mengatur email, dan membuat agenda rapat. “Q dibangun dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi dan tidak pernah menggunakan konten pelanggan bisnisnya untuk melatih model dasarnya,” Amazon menekankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *