Maret 3, 2024

JAKARTA – Film dan drama Korea yang dibintangi Sulli tidak banyak, meski beberapa di antaranya mendapat respon baik dari penonton.

Sulli lahir di Busan pada tanggal 29 Maret 1994 dengan nama Choi Jin-ri. Ia memulai karirnya sebagai aktris cilik pada usia 11 tahun, saat ia membintangi drama Korea The Ballad of Seodong pada tahun 2005. Saat itu, ia memerankan versi muda dari Putri Sun Hwa yang diperankan oleh Lee Bo -young.

Setelah itu, Sulli mempunyai banyak peran pendukung dalam serial dan film. Namun popularitasnya baru menanjak setelah ia menjadi idola K-pop dari grup f(x) yang debut pada tahun 2009. Ia sempat menjadi anggota SM Entertainment selama 6 tahun, hingga akhirnya hengkang pada Agustus 2015.

Setelah itu, Sulli lebih sering tampil sebagai aktris ketimbang penyanyi. Sepanjang hidupnya hingga tahun 2019, ia dikenal sebagai sosok yang ceroboh dan berani berbicara terbuka hingga terus-menerus dihina di media sosial (cyberbullying). Banyak yang percaya bahwa keputusannya untuk mengakhiri hidupnya karena cyberbullying yang terus berlanjut selama kedatangannya.

Berikut enam film dan drama Korea yang dibintangi Sulli.

1. Orang: Sulli (2023)

Foto: Netflix

Ini adalah serial dua bagian yang ditayangkan perdana di Netflix empat tahun setelah kematian Sulli. Itu seharusnya menjadi serangkaian lima film pendek, tapi Sulli menyelesaikan satu judul sebelum kematiannya.

Persona: Sulli terdiri dari dua bagian, film pendek 4: Pure Island dan film dokumenter Dear Jinri. Dalam 4: Clean Island, Sulli merupakan karakter yang memerankan dua karakter, seorang tukang daging dan seorang turis yang pergi ke sebuah pulau bernama Clean Island.

Sedangkan dalam film dokumenter Dear Jinri, isinya adalah wawancara dengan Sulli tentang berbagai topik, mulai dari hubungan dengan orang tua, kehidupan pribadi, serta pandangannya tentang dunia K-pop dan dunia populer secara umum.

2. Dalam Dirimu Yang Cantik (2012)

Foto: SBS

Dalam komedi romantis ini, Sulli memerankan tokoh utama Goo Jae-hee. Ceritanya diadaptasi dari manga dan drama Taiwan Hana Kimi yang tayang pada tahun 2006.

Ho E Mute menceritakan kisah Jae-hee yang menyamar sebagai laki-laki dan memasuki sekolah atletik yang semuanya laki-laki untuk membantu Kang Tae-joon (Minho SHINee). Itu karena pria itu telah banyak membantunya. Sementara itu, Tae-joon yang hampir melepaskan karir atletiknya mulai terbuka kembali setelah bertemu Jae-hee.

3. Wanita Pukulan (2007)

Foto: Distribusi M-Line

Dilanjutkan dengan film Sulli. Punch Lady memerankannya sebagai salah satu karakter utama bernama Chun Sim, yang merupakan putra dari dua karakter utama. Saat itu, usianya baru 13 tahun.

Punch Lady merupakan film komedi aksi yang menceritakan kisah Ha-eun (Do Ji-won) yang kesal dengan kelakuan Ju-chang (Park Sang-wook), suaminya yang gemar melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Untuk melawan suaminya yang jago karate, dia memutuskan untuk berlatih karate bersamanya, dan menantang suaminya untuk bertarung di depan umum.

4. Kebenaran (2017)

Foto: CJ ENM

Masih dari film Korea, di sini Sulli dibintangi bersama Kim Soo-hyun, Lee Sung-min, dan Sung Dong-Il. Ia memerankan salah satu tokoh utama bernama Song Yoo-hwa, seorang dokter yang merawat Tae-yeong (Kim Soo-hyun).

Tae-yong adalah bos kriminal yang juga memiliki kasino besar. Tapi dia punya masalah kepribadian ganda. Ia kemudian mencari bantuan dokter Choi Jin-ki (Lee Sung-min), namun bantuan tersebut justru membuat Tae-yeong kesulitan mengendalikan dirinya yang sebenarnya dan dirinya yang lain.

5. Raja Mode (2014)

Foto: Hiburan Dunia Berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *