Februari 28, 2024

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menyiapkan beberapa ruas tol baru di Pulau Jawa dan Sumatera untuk menunjang kelancaran lalu lintas pada masa libur Natal (Nataru) 2023 dan Tahun Baru 2024.

Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada rapat kerja dengan komisi ke-5 DPR RI (21.11).

“Ada beberapa ruas tol di Pulau Jawa yang bisa digunakan pada periode Natal. Kami juga sedang mempersiapkannya untuk beroperasi di Pulau Sumatera jika diperlukan pada periode Natal,” kata Basuki saat rapat kerja dengan Sekretariat Presiden. Komisi V DPR RI. , dikutip dari laman Youtube Komisi V DPR RI, Minggu (3 Desember 2023).

Basuki mengungkapkan beberapa ruas tol yang siap beroperasi di Pulau Jawa antara lain Tol Jakarta-Cikampek II di selatan, Tol Sadang-Kutanegara 3. Selanjutnya Tol Solo-Yogjakarta ruas Kartasura-Karangomgo.

“Tadi lebaran (tol fungsional Solo-Yogyakarta) baru sampai Pakis, tapi Natal ini insya Allah sampai Karangan sejauh 13 kilometer,” ujarnya.

Sementara di Pulau Sumatera, ruas tol yang akan beroperasi saat Natal adalah Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Tol Bangkinang-Tanjung Alai, dan Tol Binjai-Langsa ruas Kuala Bingai-Tanjung Pura. . .

“Kemudian Tol Cikampek-Paliman juga kami perpanjang, dengan rencana dari Km 71 Cisumdaw sampai Km 85 bisa digunakan untuk Natarai pada H-10,” ujarnya.

Berikut rangkuman daftar 5 ruas tol yang digratiskan atau dikelola secara fungsional pada libur Natal 2023 dan 2024: Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 Sadanga-Kutanegar, Solo-Yogjakarta, Kartasura-Karangamong, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi. Tol Parapat Bangkinang-Tanjung Alai Binjai-Tol Langsa Ruas Kuala Bingai-Tanjung Pura

Sebelumnya, total ada tiga ruas tol di sekitar Jabodetabek yang mengalami penyesuaian tol mulai Senin, 4 Desember 2023 pukul 00:00 WIB. Tiga ruas tol yang mengalami kenaikan tol adalah Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Tol Tanjung Priok (ATP), dan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Penyesuaian tarif tol ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) no. 1604/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Jalan Lingkar Luar Jakarta Seksi W1 (Kebon Jeruk-Penjaringan), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang), Seksi S (Pondok Pinang – Taman Mini), Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Cikunir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Tol Ruas Jalan Tanjung Priok Akses E-1, E-2, E-3, NS ( Rorotan – Kebon Bwang) dan Tol Pondok Aren-Ulujami.

Sekadar informasi, ruas Tol JORR, akses Tanjung Priok, dan ruas Tol Pondok Aren-Ulujami dikelola oleh empat Unit Perusahaan Tol (BUJT). PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), PT Marga Lingkar Jakarta, dan PT Jakarta Lingkar Baratsatu, antara lain.

Manajer Pemasaran dan Komunikasi Tol Jasamarga Metropolitan Panji Satriya mengatakan, keempat BUJT terus meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan pelayanan, menjamin keselamatan, kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan tol.

Peningkatan layanan di bidang transaksi antara lain penyediaan mobile reader untuk mempercepat waktu proses transaksi, pengenalan dan pengembangan transaksi SLFF (Single Lane Free Flow), serta peningkatan kapasitas transaksi di gerbang tol, jelasnya dalam keterangan tertulis. Sabtu (12 Februari)… /2023).

Di bidang pelayanan transportasi, tambah Panji, keempat BUJT ini memasang rambu pesan dinamis (DMS) di gerbang dan jalur tol, memasang kamera pengukur kecepatan dan kamera CCTV, menjaga peralatan keselamatan lalu lintas, dan menyiapkan armada operasional. Terdiri dari layanan pelanggan keliling, derek, ambulans, ambulans, dan derek serba guna.

Sedangkan terkait dengan pelayanan konservasi, perbaikan dan pemeliharaan jalan tol dilakukan melalui pekerjaan pemeliharaan berkala (pengikisan, penimbunan, dan pelapisan ulang), penerangan jalan umum (PJU), pekerjaan pertamanan dan pertamanan, pekerjaan pemeliharaan, persinyalan, Central Concrete Barrier. (MCB), pagar pembatas, reflektor dan penjaga tol serta pekerjaan pembangunan tanggul dan saluran,” jelasnya.

1. Penyesuaian Tarif JORR dan Akses Tol Tanjung Priok dan Pondok Aren-Ulujami Gol I : Rp 17.000 yang semula Rp 16.000 Gol II : Rp 25.000 yang semula Rp 23.500 Gol III : Rp 23.000 yang semula 23,0 5 Gol. : Rp 33.500 yang semula Rp 31.500. Target V : Rp 33.500 yang semula Rp 31.500

2. Penyesuaian Tarif Tol Pondok Aren-Ulujami Seksi Viaduct Pondok Ranji-Bintaro Gol I: Rp 3.500 yang semula Rp 3.000 Gol II: Rp 5.000 yang semula Rp 4.500 Gol III: Rp 5.000 Gol III yang semula Rp 5.000. : Rp 6.500 yang semula Rp 6.500 V Target : Rp 6.500 yang semula Rp 6.500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *