Februari 26, 2024

Prestasi gemilang berhasil diraih tim mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Depok di ajang internasional tersebut. Tim mahasiswa UI menempati posisi kedua dalam kompetisi geosains internasional di ajang bergengsi SEG Challenge Bowl 2023 yang diadakan di Texas, Amerika Serikat. negara

Prestasi luar biasa diraih tim mahasiswa Departemen Geosains Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, dengan meraih Juara I tingkat Asia Pasifik dan Juara II tingkat Internasional.

Diselenggarakan oleh Society of Exploration Geophysicists (SEG), sebuah organisasi nirlaba yang mempromosikan eksplorasi bagi ahli geofisika, SEG Challenge Bowl adalah ujian pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang geosains.

Mirip dengan permainan intelektual, kompetisi ini menantang peserta untuk memberikan jawaban yang benar, cepat dan akurat.

“Prestasi ini merupakan wujud kerja keras dan dukungan berbagai pihak, departemen, fakultas, dan universitas dalam memajukan minat dan pengembangan mahasiswa,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas, yang juga seorang dosen. Dr Abdul Haris di kampus UI Depok, Selasa 20 September 2023. Tim mahasiswa UI yang meraih prestasi gemilang tersebut antara lain Cecilia Patra Devanti (Geofisika UI 2019) dan Kevinsia Aulia Lubis (Geologi UI 2019). Mereka menunjukkan dedikasi, pengetahuan, dan kerja tim yang luar biasa sepanjang kompetisi.

Perjalanan prestasi tersebut dimulai dari tingkat regional, dimana tim UI berhasil meraih juara 1 SEG Challenge Bowl Asia Pacific Region 2023 yang diselenggarakan secara virtual pada tanggal 18 Juni 2023.

Di tingkat regional ini, tim UI berhasil mengalahkan persaingan ketat dari 14 universitas di india, India dan Malaysia untuk melaju ke kompetisi internasional.

Di kancah internasional, tim UI berhasil mempertahankan dominasinya dengan meraih juara 2 SEG Challenge Bowl World Finals 2023.

Tim UI sukses tampil pada acara yang digelar pada 29 Agustus 2023 di Houston, Texas, AS.

Kurikulum geofisika dan geologi dari 16 universitas ternama dunia, seperti Colorado School of Mines (USA), University of Calgary (Canada), National University of San Juan (Amerika Latin) dan masih banyak lainnya, ikut serta dalam kompetisi ini. .

Prestasi luar biasa ini jelas menunjukkan komitmen mahasiswa UI terhadap keunggulan di bidang geosains. “Universitas Indonesia sangat bangga memiliki mahasiswa yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional, namun juga mampu sukses bersaing di kancah internasional,” kata Guru Besar tersebut. Haris (Semut) Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Sistem pembayaran tarif berkelanjutan. Diuji pada bulan Desember, RI akan menjadi pionir di Asia Tenggara. Indonesia akan menjadi pionir dan negara pertama di Asia Tenggara atau ASEAN yang memperkenalkan multi-band free stream atau seamless toll atau GSSS. kabarbin.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *