Februari 27, 2024

BOGOR – Andy Taufan Garuda Putra, 27, bisa menikmati kehidupan nyaman sebagai eksekutif muda. Sebagai konsultan bisnis di perusahaan internasional. Namun Taufan berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan lembaga keuangan mikro.

“Dalam karir saya sebelumnya, saya merasa hidup tidak ada artinya,” kata Taufan yang merupakan penerima Penghargaan Apresiasi SaTU Indonesia 2011.

Baginya, hidup memiliki arti jika ia bisa membaginya dengan orang lain. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung ini mendirikan Amart Microfinance setelah melalui berbagai penelitian. Yuk lanjutkan dengan scroll artikel selengkapnya di bawah ini.

Tabungan tersebut juga digunakan untuk membangun Amarta, sebuah lembaga keuangan mikro yang menyediakan layanan keuangan kepada masyarakat miskin dan berpendapatan rendah.

“Untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” kata Andy Taufan Garuda Putra.

Awalnya dia menghadapi perlawanan dari keluarganya. Dianggap tidak ada keuntungan yang bisa diharapkan dari Amarta. Untungnya, perlahan Taufan mampu meyakinkan orang tuanya yang akhirnya mundur.

Amartha Microfinance menerapkan model pembiayaan kelompok dengan sistem bagi hasil. Satu kelompok terdiri dari 10-15 orang dan penerima manfaat sebagian besar adalah perempuan.

Saat ini ada 45 tim yang didukung Amarta. Total anggotanya berjumlah 720 orang yang tersebar di 14 desa di Siseng, Bogor.

Plafon pendanaannya sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Kamarnya Rp 13.500 Rp 26.000 per minggu selama satu tahun.

Kampung Seri Astra & Desa Sejahtera Astra

Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan 4 program kontribusi sosial berkelanjutan Astra: kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup dan kewirausahaan ke dalam satu komunitas desa.

Melalui program Kampung Berseri Astra, masyarakat dan Astra dapat bersinergi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kawasan Kampung Berseri Astra guna mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.

Pengembangan KBA selanjutnya adalah Desa Sejahtera Astra (DSA) yang merupakan program kontribusi sosial kewirausahaan berbasis komunitas milik Astra.

Program ini bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas, start-up dan komunitas desa untuk mengembangkan perekonomian pedesaan berdasarkan potensi dan produk unggulan desa.

Program DSA memberikan bantuan kepada masyarakat desa mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, dukungan infrastruktur, hingga fasilitasi akses permodalan dan pemasaran produk.

Penghargaan STU Indonesia

Astra Spirit Diselenggarakan untuk (SATU) Indonesia Awards Astra merupakan penghargaan kepada generasi muda, individu dan kelompok yang telah merintis dan melakukan perubahan untuk berbagi dengan masyarakat setempat.

Penghargaan tersebut di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup, kewirausahaan dan teknologi, serta kategori kelompok yang mewakili kelima bidang tersebut.

Melalui program ini, Astra mendorong generasi muda peserta SATU Indonesia Awards untuk berkolaborasi dengan program inti KBA dan DSA.

Diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih positif dan berkelanjutan terhadap upaya pembangunan di wilayah tersebut. Astra dukung Paviliun Indonesia di COP 28 Dubai, juga berkontribusi terhadap perubahan iklim Sebagai bagian dari kontribusinya dalam memerangi perubahan iklim, Astra akan kembali mendukung Paviliun Indonesia di COP 28. kabarbin.com.co.id 2 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *