Maret 3, 2024

Jakarta, 9 Oktober 2023 – Aki merupakan salah satu bagian penting pada sepeda motor. Bagian ini menyimpan energi listrik yang diperlukan untuk menghidupkan mesin dan mengendalikan berbagai sistem kelistrikan sepeda motor, seperti lampu, klakson, dan starter.

Ada dua jenis aki yang biasa digunakan pada sepeda motor: kering dan basah. Kedua jenis baterai ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baterai kering

Aki kering memiliki elektroda berbahan gel yang disalin kabarbin.com Otomotif dari laman Astra Motors. Bentuk gel ini tidak mudah menguap sehingga volume gel dapat terjaga. Baterai kering juga tidak memerlukan perawatan rutin seperti mengisi baterai dengan air.

Keunggulan aki kering : 1. Tidak memerlukan perawatan rutin 2. Sulit menguap 3. Tahan benturan 4. Ringan 5. Harga relatif murah

Kekurangan baterai kering: 1. Masa pakai yang singkat. 2. Tidak dapat diisi ulang. 3. Tidak tahan panas.

Baterai basah

Baterai basah memiliki elektroda yang terbuat dari timah dan asam sulfat. Aki basah memerlukan perawatan rutin, seperti mengisi aki dengan air dan memeriksa ketinggian air di dalam aki.

Keunggulan aki basah: 1. Masa pakai yang lama 2. Dapat diisi ulang 3. Tahan panas

Kekurangan aki cair : 1. Perlu perawatan rutin 2. Mudah menguap 3. Tidak tahan guncangan 4. Berat 5. Relatif mahal

Pemilihan aki yang tepat tergantung pada kebutuhan dan kondisi pengoperasian sepeda motor. Jika Anda menginginkan aki yang tidak memerlukan perawatan rutin, aki kering adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda menginginkan aki yang lebih awet dan tahan lama, aki basah adalah pilihan terbaik Anda. Motor bebek ini mengejutkan netizen. Video Honda Supra diunggah kabarbin.com.co.id pada 4 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *