Februari 25, 2024

JAKARTA – Penipuan email phishing semakin meningkat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu email phishing agar terhindar dari kerugian.

Email phishing sangat berbahaya karena dapat merugikan korbannya. Kerugian bisa berkisar dari bocornya data sensitif hingga rusaknya dompet Anda.

Apa itu Email Phishing? Mengapa berbahaya? Nah, untuk menjawabnya, simak ulasan berikut yang dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (5/12/2023).

Perlu diketahui bahwa phishing sendiri merupakan upaya pencurian dengan cara menipu. Phishing dilakukan melalui berbagai cara, seperti pesan, iklan, situs web palsu yang terlihat seperti situs asli, atau, seperti yang terjadi saat ini, melalui email.

Email phishing biasanya menyamar sebagai perusahaan besar seperti bank dan meminta informasi pribadi terkait rekening bank calon korban. Email phishing menjanjikan imbalan untuk membujuk korban agar melakukan apa yang diperintahkan peretas.

Banyak email phishing yang meminta informasi pribadi atau keuangan dan meminta Anda mengeklik tautan atau mengunduh program yang berisi perangkat lunak berbahaya. Apa yang diminta oleh hacker bisa menjadi pintu gerbang kerusakan jika korban memberikannya.

Korban yang membuka email phishing sering kali diberitahu bahwa mereka akan menerima hadiah. Sebaliknya, penjahat mengeklik tautan tertentu untuk menerima hadiah dari Gmail.

Ini adalah penipuan baru yang berupaya mendapatkan akses ke informasi pribadi korban sehingga penjahat dapat mencuri uang dan informasi sensitif mereka. Jadi, selalu waspada terhadap barang-barang mencurigakan dan hindari penipuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *