Februari 25, 2024

RIYADH – Arab Saudi mempunyai rencana ambisius untuk menjadi pemain utama dalam industri olahraga global. Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah memulai sejumlah langkah untuk mencapai tujuan ini, termasuk:

Seperti dilansir The Verge, Minggu (3/12/2023) Investasi besar di industri game: MBS memerintahkan Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi untuk menginvestasikan miliaran dolar di industri game.

Investasi tersebut digunakan untuk mengakuisisi saham perusahaan game besar seperti Capcom, Nexon dan SNK.

Pengembangan Ekosistem Permainan Regional: MBS juga telah meluncurkan beberapa inisiatif untuk mengembangkan ekosistem permainan.

Inisiatif ini termasuk memberikan pendanaan kepada pengembang game lokal, menyelenggarakan kompetisi game, dan mempromosikan budaya game di Arab Saudi.

Menjadikan Arab Saudi sebagai tujuan eSports: MBS ingin menjadikan Arab Saudi sebagai tujuan eSports. Untuk tujuan ini, pemerintah Arab Saudi meluncurkan Liga Esports Arab Saudi, turnamen eSports terbesar di wilayah tersebut.

Langkah-langkah ini telah membuahkan hasil yang baik. Arab Saudi telah menjadi pasar game dengan pertumbuhan tercepat. Pada tahun 2022, pasar game di Arab Saudi diperkirakan bernilai $2,3 miliar dan diperkirakan akan tumbuh menjadi $3,3 miliar pada tahun 2027.

Arab Saudi menjadi pemain yang semakin penting dalam dunia olahraga. Pada tahun 2022, Arab Saudi akan menjadi tuan rumah turnamen game terbesar di dunia, League of Legends World Championship. Turnamen ini menarik lebih dari 100 juta penonton di seluruh dunia.

MBS meyakini industri game berpotensi menjadi sektor perekonomian di Arab Saudi. Dia berharap langkahnya akan membantu Arab Saudi menjadi pemain utama dalam industri game global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *