Februari 27, 2024

Bandung – Sebanyak 3 tim mahasiswa UMSU berhasil meraih 2 medali perak dan 1 juara favorit pada ajang bergengsi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 di Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung, Jawa Barat, Sabtu 2 Desember 2023.

Perolehan penghargaan dan juara favorit menempatkan UMSU pada peringkat 25 dari 106 PTN/PTS se-Indonesia dan mengungguli Universitas Padjadjaran Bandung.

Dua medali perak diraih pada kategori poster pada Skema Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dan pada kategori Penelitian Sosial Humaniora (PKM-RSH). Sedangkan juara favorit diraih pada kategori Presentasi Skema Penelitian Eksakta (PKM-RE).

Karena keberhasilan tersebut, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah berusaha semaksimal mungkin mengikuti acara ini.

Prestasi ini berkat kerja sama semua pihak. Kita ucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa yang menjadi juara pada kompetisi PIMNAS 36 ini,” kata Agussani dalam keterangannya, Senin, 4 Desember. 2023.

Prof. Agussani berharap keberhasilan ini dapat dijadikan sebagai semangat untuk melanjutkan program ini, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh negeri.

Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Sesepuh dan Kerjasama, Dr. Rudianto, M, Beliau yang memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti ajang bergengsi ini.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh mahasiswa UMSU yang telah meraih keberhasilan ini. Keberhasilan ini tidak lepas dari doa dan kerjasama mahasiswa serta pihak universitas,” kata Rudianto.

Menurut WR III, keberhasilan ini merupakan bukti konsistensi UMSU dalam memberikan nasehat dan dukungan, baik moril maupun materiil kepada seluruh mahasiswa yang berlaga di berbagai ajang.

“UMSU sejak awal konsisten memberikan pendampingan, mulai dari pengajuan topik PKM ke PIMNAS,” jelas Dr. Rudianto.

Diketahui UMSU membawa delegasi 7 tim ke PIMNAS 36 yang berlangsung selama 4 hari pada 26-30 November 2023 di Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jawa Barat. Nantinya, acara tersebut diikuti oleh 525 rombongan yang terdiri dari 2.411 mahasiswa dan 106 PTN/PTS se-Indonesia.

3 tim UMSU berhasil meraih prestasi Tim PKM PM-3 dengan penghargaan poster perak bertajuk “Taman Cahaya: Ekokota-Pariwisata Berbasis Green Energy dan Zero Waste System, Upaya Transformasi Permukiman Kumuh di Sangar Anak Sungai Deli” yang diketuainya. oleh Adrian Hariady Napitupulu, anggota Ridho Syahputra Tolo, Jasmine Jamilah, Muhammad Rionaldo, Tita Wilda Wegina dan asisten pengajar Syahran Saputra, S.Sos., M.Sos.

Kemudian tim PKM RSH-4 meraih medali perak dengan plakat bertajuk “Masojid ni boru: Semacam Kecerdasan Lokal Responsif Gender Sebagai Cara Melawan Stereotip Budaya Patriarki Pada Kelompok Batak Angkola” yang dipimpin oleh Zayyan Ramadhanti. yang terdiri dari Aini Tasya Nadria, Tita Wilda, Wegina, Muhammad Rionaldo dan asisten pengajar Syahran Saputra, S.Sos., M.Sos.

Terakhir, tim PKM-RE meraih Juara Favorit pada Presentasi “Efektivitas Kulit Durian (Durio Zibethinus) Sebagai Sistem Apoptosis Jalur Bcl-2: Kajian Imunositokimia In Viro pada Sel Hela Kanker Serviks” yang diketuai oleh Ainur Rofiq yang di dalamnya terdapat Muhammad Dian Islami , Aditya Sofyansyah, Hermaya, Muhammad Zihni Baihaqi, Assoc Dosen Pembantu Tristan Kanginan. Prof. Dr. Dr. Humairah Medina Liza Lubis, M.Ked.(PA)., Sp.PA.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Owonakele, seorang siswa SMA dikabarkan dipaksa melakukan tindakan cabul dan direkam oleh temannya. kabarbin.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *