Februari 28, 2024

kabarbin.com Tekno – Minuman kopi dengan berbagai rasa kini sedang digemari. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bermunculan kafe-kafe baru di banyak negara.

Fenomena tersebut secara tidak langsung membuat masyarakat, khususnya masyarakat usia produktif, meminum kopi sudah menjadi gaya hidup.

“Ayo minum kopi karena aku bosan” – “Aku belum minum kopi, aku tidak bisa membayangkannya” – “Kenapa kamu minum kopi” pernah didengar oleh para pecinta kopi. .

Kopi telah lama diteliti secara luas manfaat dan dampak negatifnya.

Dari segi manfaat, kopi disebut-sebut memiliki banyak senyawa antioksidan, vitamin, dan mineral. Namun jika dikonsumsi secara sering atau berlebihan, kopi ternyata memberikan efek negatif bagi tubuh. Apa saja yuk kita bahas dibawah ini: Bahaya minum kopi terlalu banyak:

1. Resiko kerusakan otot

Kerusakan otot atau rhabdomyolysis terjadi ketika serat otot yang rusak masuk ke aliran darah. Dampaknya sangat berbahaya karena dapat menyebabkan gagal ginjal dan gangguan kesehatan lainnya.

Perlu diingat bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dalam waktu singkat dapat memberikan dampak yang signifikan bagi orang yang belum terbiasa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak melebihi lebih dari 250 mg per hari.

2. Meningkatkan tekanan darah

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, waspadai dampak terlalu banyak minum kopi. Kandungan kafein pada kopi mampu memblokir hormon yang melebarkan pembuluh darah.

Ini mempersempit pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, konsumsi kafein meningkatkan senyawa adrenalin. Bahan ini menyebabkan peningkatan pembuluh darah dan detak jantung.

3. Gangguan kecemasan

Kafein dikenal mampu meningkatkan kewaspadaan karena menghambat efek adenosin, zat kimia otak yang menyebabkan kelelahan pada tubuh.

Namun, terlalu banyak kafein bisa membuat Anda cemas. Kegelisahan dan kecemasan akibat terlalu banyak minum kopi disebut kafeinisme.

Selain itu, mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang dapat menyebabkan pernapasan cepat dan meningkatkan tingkat stres. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya mulai kurangi asupan kafein harian Anda.

4. Gangguan tidur

Meski bisa menyegarkan mata saat jam mengantuk saat bekerja. Namun, pengaruh seringnya konsumsi kopi terhadap kualitas tidur lebih terasa pada kelompok lansia.

Konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan insomnia atau sulit tidur. Faktanya, efeknya mungkin hilang hanya dalam beberapa jam. Inilah mengapa sebaiknya Anda tidak minum kopi sebelum tidur malam.

5. Diare

Dampak paling umum dari rutin minum kopi adalah munculnya gangguan pencernaan. Kafein yang dikaitkan dengan efek pencahar dapat melepaskan hormon gastrin. Hormon ini diproduksi di perut untuk meningkatkan aktivitas usus besar.

Nah, kafein dalam kopi juga merangsang pergerakan usus dengan meningkatkan kontraksi peristaltik. Akibatnya, beberapa orang yang terlalu banyak minum kopi atau terlalu banyak kafein bisa mengalami diare. Batasan aman minum kopi

Kopi sebenarnya cukup aman dikonsumsi asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Secara umum, batas aman konsumsi kopi bagi orang dewasa adalah 4 cangkir per hari atau setara dengan 400 mg kafein per hari.

Sedangkan ibu hamil atau menyusui juga boleh mengonsumsi kopi, namun batasannya lebih rendah, yakni maksimal 200 mg kafein atau setara dengan 2 cangkir kopi per hari. Asam Urat Penyebab Penyakit Jantung dan Stroke, Lakukan 5 Cara Mencegahnya Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi. Menurunkan berat badan melalui pola makan sehat dan olahraga dapat membantu mempertahankannya. kabarbin.com.co.id 4 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *