Februari 27, 2024

LANGSUNG – Anggota Super Junior Choi Siwon tampil sebagai tamu istimewa di episode terbaru acara memasak MasterChef Indonesia (MCI), musim 11, pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Seorang anak laki-laki dari tim Korea Selatan mencoba salah satu makanan khas dan tradisional dari Tapanul Utara yaitu Ombus-ombus buatan tim biru. Ia memuji makanan ini: Lalu apa itu Ombus-ombus?

Makanan atau yang ingin disantap ini merupakan makanan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanul Utara. Ombus-ombus terbuat dari tepung beras dengan gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Seiring banyaknya masyarakat suku Batak yang tinggal di kota Medana, kue ini menjadi sangat terkenal di sana.

Kue panggang ini dibalut dengan daun pisang. Caranya, tepung beras dicampur dengan gula palem di antaranya. Sehingga saat menyantapnya, lembutnya gula jawa bercampur di lidah, memberikan sensasi manis di langit-langit mulut yang menggoda cita rasa kuning telur.

Menikmati Ombus-Ombus di pagi hari yang masih panas dan baru diolah, ditemani secangkir teh atau kopi, tentu menjadi kenikmatan tersendiri.

Berbicara tentang asal usul nama “ombus-ombus” pada jajanan tradisional ini, warga Medan Perjuangan, Ani mengatakan, hal itu ada kaitannya dengan tradisi suku Batak masa lalu.

Hidangan ini biasanya disajikan kepada para tamu selagi masih panas, baru dipanggang. Terungkap, penggunaan kata “ombus-ombus” memiliki arti khusus.

Pertama, nama Ombus berasal dari kata mangombus yang berarti proses meniup atau mendinginkan sesuatu dengan udara.

Karena umumnya siapapun yang makan kue ini akan meniupnya terlebih dahulu karena masih panas.

“Dulu orang Batak kita kalau ada tamu mau datang, kita kasih makanannya Ombus-ombus. Mengapa muncul kebiasaan ombus-ombus pada masa itu? “Saat tamu datang, makanannya sudah matang, jadi kami taruh di piring dan menyerahkan makanannya kepada para tamu,” kata Ani, dikutip tvOneNews, Senin, 23 Oktober 2013.

Alasan pemberian nama tersebut adalah karena Ombus-ombus berasal dari bahasa Batak kita. Itu Mangombus, tapi disingkat Ombus-ombus yang artinya sama saja dengan meniup, kita bernafas saat mau makan, supaya tidak panas di mulut. “Kalau dingin tidak disebut Ombus,” imbuhnya. Pelaut Indonesia publikasikan tarif penyeberangan Terusan Panama, Rp 5 miliar Pelaut Indonesia Risma Sitanggang berbagi pengalamannya melintasi Terusan Panama, jalur maritim yang menghubungkan Samudera Pasifik hingga Samudera Atlantik. kabarbin.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *