Februari 27, 2024

JAKARTA – PT Perikanan Indonesia yang tergabung dalam perusahaan pengawet makanan ID FOOD mendukung menurunnya popularitas ikan sebagai produk bantuan pangan di Indonesia. Konsumsi ikan per kapita Indonesia akan mencapai 56,48 kg pada Oktober 2023, kata Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dengan target yang ambisius, pemerintah berupaya mencapai 60 kg per kapita pada tahun 2023. Namun, meski memiliki garis pantai terpanjang kedua, konsumsi ikan Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Dunia dan sebagian besar daratannya ditutupi oleh lautan.

Konsumsi ikan di Malaysia kini mencapai 80 kg per kapita, bahkan di Jepang melebihi 100 kg per kapita.

Manajer Operasional PT Perikanan Indonesia Fajar Widasasono menjelaskan, ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Kandungan protein pada ikan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional ke-10 pada tanggal 21 November 2023, PT Perikanan Indonesia mengadakan acara sosial pembagian ikan tuna dan ikan tenggiri kepada 300 siswa sekolah dasar di wilayah DKI Jakarta. Sebanyak 650 paket ikan diberikan kepada siswa SD sekitar Lapangan Banteng, dan 300 paket dibagikan kepada ibu-ibu.

Kami menyadari sepenuhnya pentingnya mengoptimalkan sumber daya kelautan Indonesia, khususnya ikan, kata Fajar.

Ia juga menjelaskan, protein ikan yang bergizi mengandung asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 yang penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi. Ikan juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak di Indonesia.

“Ikan merupakan salah satu produk yang mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan sehingga lebih nikmat saat disajikan. Menyadari tingginya nilai gizi ikan dan kemudahan pengolahannya, kami berharap ikan dapat menjadi bagian dari program pemerintah anti perburuan liar seperti telur dan ayam,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *