Februari 28, 2024

kabarbin.com – Salmonellosis masih menjadi perhatian utama di sektor kesehatan global. Menurut data WHO, bakteri salmonella merupakan penyebab salmonellosis dan merupakan salah satu dari empat penyebab utama penyakit diare di dunia.

Selain itu, Infeksi serius seperti infeksi bakteri dan meningitis, terutama pada anak-anak; wanita hamil Hal ini dapat terjadi pada kelompok rentan seperti orang lanjut usia dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Penyebab utama infeksi ini adalah kontaminasi makanan dengan Salmonella Enteritidis dan Salmonella Typhimurium. Faktor-faktor ini membuat hampir semua orang rentan terhadap infeksi.

Situasi ini diperparah dengan meningkatnya bakteri Salmonella yang kebal antibiotik. Resistensi antibiotik diperkirakan akan membunuh hingga 10 juta orang per tahun pada tahun 2050 jika tidak diobati secara agresif.

Keadaan ini menyebabkan diperlukannya bakteri baru yang berasal dari alam yaitu Actinobacteria. Actinobacteria, terutama yang berasal dari laut, menunjukkan potensi sebagai sumber antibiotik yang efektif melawan berbagai bakteri resisten.

Dengan latar belakang tersebut, lima mahasiswa UGM, Ruth Grace Sophie; Alifia Zahra Hoirunisa; Badran Saadi Bhimantoro Ahnaf Vetrino dan Shinta Hayu Anugra meneliti potensi Actinobacteria yang berasosiasi dengan alga laut Gelidiella acerosa. Yogyakarta Rumput laut yang terdapat di Pantai Drini memiliki keanekaragaman jenis tertinggi di wilayahnya.

Ruth menjelaskan, aktinobakteri hasil isolasi kemudian difermentasi dan diekstraksi. Setelah itu, Efektivitas ekstrak yang mengandung terpenoid terhadap Salmonella enteritidis. Tidak diuji. Kemudian ekstrak yang mempunyai efisiensi paling tinggi diperiksa lebih lanjut.

Dari analisis ini, Ditemukan tiga senyawa baru yang belum terdaftar di Basis Data Produk Alam Laut Komprehensif (CMNPD). Dua senyawa lain yang diidentifikasi adalah Nocapiron R, Nocapiron M dan Nocapiron J.

Akarnya mengatakan bahwa senyawa Nocapyrone dapat diperoleh dari Nocardiopsis yang diisolasi dari air laut.

“Nocapiron merupakan senyawa yang terdapat pada Nocardiopsis, salah satu genus Actinobacteria. Senyawa ini dapat diperoleh dari Nocardiopsis yang diisolasi dari laut dan dapat digunakan sebagai senyawa antibiotik, kanker, kanker, tumor, dan bakteri,” jelasnya. di DKI Jakarta, bagaimana kondisi pasiennya?Kepala Dinas Kesehatan, Penyakit Menular dan Imunisasi DKI Jakarta, dr.Ngabila Salama Jakarta kabarbin.com.co.id, 5 Desember 2023 membenarkan adanya laporan wabah pneumonia mikoplasma anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *