Maret 3, 2024

Jakarta – Peralihan musim panas ke musim hujan di Indonesia selalu berdampak pada peningkatan polusi udara. Terutama bagi penderita asma dan penyakit pernafasan lainnya. akan menghadapi beban ekstra karena menghirup udara beracun Pernafasan dilakukan dalam kondisi yang berbahaya bagi tubuh. Penelitian juga menyebutkan itu bisa setara dengan merokok 20 batang sehari.

Salah satu cara mencegah racun masuk ke dalam tubuh adalah melalui yoga dan pernapasan dalam. Untuk meningkatkan kapasitas paru-paru Ketika kualitas udara luar buruk Disarankan untuk berolahraga untuk mencegah polusi udara merusak sistem pernafasan.

Olahraga bermanfaat bagi semua kelompok umur, termasuk anak-anak, dewasa, dan lansia. Orang dengan masalah pernapasan atau kondisi kesehatan seperti serangan jantung, detak jantung lambat, tekanan darah tinggi. Penyakit arteri koroner atau nyeri dada dan penyakit jantung harus diwaspadai dan mencari nasihat sebelum memulai latihan pernapasan.

Nisha Dhawan, pakar yoga yang meluncurkan Health Shots, mengatakan penting untuk diingat bahwa tidak semua latihan pernapasan cocok untuk semua orang. Terutama mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Berikut tiga latihan sederhana untuk melawan dampak polusi udara, seperti yang disampaikan pakar yoga Nisha Dhawan.

1. Anulom Vilam Pranayam

Nadi Shodhan Pranayama adalah teknik pernapasan yang membantu membersihkan area yang tersumbat. Teknik ini juga dikenal dengan nama Anulom Vilam Pranayam. Olahraga teratur setidaknya 10 menit setiap hari membantu menghilangkan penyumbatan dan dirancang untuk membersihkan nadi atau saluran energi.

2. Kapalbhati

Kapalbhati adalah pilihan utama. dari semua praktisi yoga Ini akan membantu menghancurkan seluruh sistem. Bagi mereka yang mengalami kesulitan bernapas Teknik pernafasan ini dapat membantu mengeluarkan racun dari paru-paru dan otak.Kapalbhati meningkatkan oksigen dan melancarkan pencernaan selain membersihkan sistem pernafasan.

3. Bhastrika

Latihan pernafasan ini sering disebut dengan pernafasan api. Membantu detoksifikasi dan menghilangkan kotoran dari tubuh. Teknik ini membersihkan perut dari racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Cara terbaik untuk berlatih Bhastrika adalah dengan duduk di Vajrasana atau Sukhasana. Ini adalah pose yoga silang. Kemudian lakukan gerakan tangan Anda. Lipat tangan Anda dan letakkan di dekat bahu Anda. Buang napas dan angkat lengan lurus dan buka buku-buku jari Anda. Sekarang hembuskan napas dengan keras. sambil mengangkat tangan kembali ke bahu dan menutup tangan pertama Ulangi setidaknya 20 kali. Untuk mengakhiri sesi, rileks.

Pakar yoga menyarankan untuk melakukan ketiga latihan pernapasan ini secara rutin pada pagi atau sore hari. Ini akan membantu mengurangi stres dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Setiap orang memiliki teknik yoga ini. Itu bisa dilakukan. Namun anak di bawah usia 5 tahun tidak diperbolehkan melakukan teknik pernapasan rumit seperti Kapalabhati atau menahan napas saat pranayama dalam jangka waktu lama. Tidak seperti orang dewasa Semua latihan pernapasan harus dilakukan di bawah bimbingan seorang profesional. Karena passionnya, Bagus Arda menjadi seorang influencer olahraga yang menginspirasi generasi muda. Dan berkat bakatnya, Bagus Arda terinspirasi untuk membuat konten kreatif dunia olahraga di laman media sosialnya kabarbin.com.co.id 7 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *