Februari 28, 2024

LONDON – Warga Inggris dihebohkan saat fenomena langka terjadi di langit dan muncul cincin terang di sekitar bulan.

Menurut Daily Express, kejadian aneh itu terjadi Sabtu lalu. Dikenal juga dengan sebutan halo, fenomena ini disebabkan oleh pembiasan cahaya bulan oleh kristal es yang terbentuk di atmosfer selama musim dingin.

Surrey, proses ini dapat dilihat di banyak wilayah Inggris, termasuk Kent dan Derbyshire. Orang-orang membagikan gambar halo di jejaring sosial.

Greg McPhillips, warga Inggris berusia 60 tahun, mengatakan: “Proses ini cukup misterius. Saya bertanya-tanya bagaimana reaksi orang-orang yang hidup ratusan tahun lalu ketika mereka melihat hal seperti ini terjadi.”

Warga lainnya, Helen Challand, 42, dari Buxton, Derbyshire, mengatakan: “Saya keluar pada malam hari dan saya melihat aurora (cahaya terang) dan lingkaran cahaya indah di sekitar bulan dan Jupiter (planet) berada tepat di sebelahnya.

Fenomena halo merupakan fenomena optik berupa lingkaran cahaya yang mengelilingi Matahari atau Bulan. Sinar matahari atau cahaya bulan disebabkan oleh pembiasan kristal es atau uap air di atmosfer.

Halo disebabkan oleh adanya kristal es atau uap air di atmosfer yang berbentuk batang atau prisma. Kristal es atau uap air ini membentuk awan cirrus; Bisa di awan cirrostratus atau awan altostratus.

Cahaya matahari atau bulan yang melewati kristal es atau uap air akan dibiaskan ke arah lain. Pembiasan ini akan menghasilkan lingkaran cahaya putih atau berwarna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *