Februari 27, 2024

kabarbin.com – Sholat Al-Fatihah untuk orang meninggal banyak dilakukan oleh umat Islam. Selain itu, ada budaya masyarakat yang disebut Tahlilan, salah satunya adalah mengirimkan surat al-Fatihah secara bersama-sama kepada orang yang sudah meninggal.

Sontak masyarakat menjadi tertarik dengan hukum Islam terkait praktik pengiriman surat Al-Fatiha kepada orang yang sudah meninggal. Kemudian Ustaj Siyafiq Baslama pun memberikan jawaban mengenai topik tersebut.

Pembacaan Al-Fatihah diturunkan sedemikian rupa sehingga pahala yang seharusnya diberikan kepada pembacanya diberikan kepada almarhum. Soal hukum, Ustaj Syafiq Baslama mengatakan ada perbedaan pendapat di kalangan ulama.

“Inilah yang menjadi perdebatan para Ulama. Beberapa ulama mengatakan bahwa membaca membawa kasih sayang. Tapi ada ulama lain yang mengatakan tidak ada, kata Ustaj Syafiq Riza Baslama seperti dikutip tvOnenews.com.

Ia berpesan kepada umat Islam yang tertarik dengan hal ini untuk mempertimbangkan kembali dan mengikuti tindakan Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, banyak laporan bahwa para rasul mendoakan orang mati.

“Kalau dilihat bagaimana Rasulullah SAW, beliau hanya shalat. Seperti di pemakaman. “Kami membacakan Takbir al-Fatiha yang pertama dan tidak merujuk hal ini kepada almarhum,” jelasnya.

“Kami mendoakan takbir kedua untuk Nabi, kami tidak mengirimkannya kepada almarhum, kami hanya membacakannya. Takbir ketiga di sini ada doanya,” jelas Ustaz Syafiq Riza Baslama.

Ia juga mengatakan, di antara petunjuk salat jenazah, mendoakan kesejahteraan almarhum lebih tepat. Kebaikan tersebut ibarat meminta kepada Allah SWT untuk memperbesar kuburnya.

Doa untuk orang yang sudah meninggal juga bisa dipanjatkan dengan membacakan ayat suci Alquran. Pemahaman maknanya memudahkan menemukan keselarasan dengan doa yang diinginkan.

“Jadi itu lebih penting daripada menurunkan Al-Quran. “Memang hal ini diperdebatkan oleh para Ulama,” pungkas Ustaz Syafiq Riza Baslama. Innallah, Bendahara Umum PKB Noor Yasin meninggal dunia pada Rabu, 6 Desember 2023. Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Noor Yasin meninggal dunia. kabarbin.com.co.id pada 6 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *