Februari 26, 2024

kabarbin.com Gaya Hidup – Antibiotik merupakan obat yang melawan infeksi bakteri sehingga tidak efektif dalam mengobati penyakit akibat infeksi virus seperti flu dan flu. Antibiotik tidak boleh digunakan dengan hati-hati karena dapat menimbulkan efek samping.

Ahli anestesi dan konsultan perawatan efektif, dr. Pratista Hendarjana, Sp.An menekankan, antibiotik hanya boleh digunakan pada kasus infeksi bakteri atau jamur atau kondisi yang mengancam jiwa. Cari informasi lebih lanjut.

“Pasien dengan kondisi dan gejala infeksi yang mengancam jiwa. Banyak kondisi yang mengancam jiwa, serangan jantung, stroke, yang bisa mengancam jiwa siapa pun, tapi tidak menular,” ujarnya. . Webinar terbaru Pekan Kesadaran AMR Dunia (WAAW) 2023 yang diselenggarakan oleh Pfizer Indonesia.

“Tapi bisa saja infeksi paru-paru, jadi kalau mengancam nyawa, pasien sesak napas, oksigen kurang, pasien panas, tensi turun, kalau parah sebaiknya segera diberikan antibiotik. antibiotik harus segera diberikan,” imbuhnya.

Dr Pratista juga menjelaskan, karena antibiotik digunakan untuk melindungi kehidupan manusia, maka penggunaan antibiotik tidak boleh dilakukan tanpa resep dokter dan sembarangan.

“Setelah itu ambil sampelnya, ambil darahnya, ambil lendirnya, kultur, itu namanya kultur, itu mikrobiologis. Kulturnya kelihatan, ini bakterinya apa? darah atau paru-paru? “Bakteri dan bakteri itu akan (menggunakan) kombinasi dengan antibiotik tersebut,” jelasnya.

Jadi kalau di ICU, setiap menit, setiap jam, setiap hari, dari antibiotik sampai 2. Kalau sudah terisi adalah 3 hari.

Jika antibiotik masuk ke aliran darah, bisa menimbulkan reaksi di mana-mana, kata Pratista. Bahkan dapat menyebabkan gagal ginjal dan jantung serta mempengaruhi otak, sehingga sangat berbahaya jika digunakan dengan hati-hati. Selain itu, antibiotik juga mempunyai efek samping selain resistensi.

“Kita punya mikroba yang bagus banget di dalam tubuh kita. Mikroba usus itu bagus banget untuk sistem imun kita. Kalau kita sembarangan atau tidak menggunakan antibiotik, maka antibiotik itu akan mati semua dan otomatis melemahkan imunitas kita,” tuturnya.

Dr. Pratista. Istri Yayu Unru, Nita Unru, memposting di halaman Instagram-nya berita terkini tentang Yayu Unru yang mengalami serangan jantung dan dirawat di rumah sakit saat masih kecil. kabarbin.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *