Februari 26, 2024

Liputan6.com, Harga emas Jakarta terkonfirmasi pada Rabu (Kamis waktu Jakarta) seiring penurunan imbal hasil Treasury. Dengan harga emas global yang turun tajam dari rekor tertinggi yang dicapai awal pekan ini, investor menunggu laporan ketenagakerjaan AS untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai seberapa cepat suku bunga akan diturunkan.

Harga emas naik 0,3% menjadi USD 2.025,67 per ounce pada Kamis (7/12/2023), dikutip CNBC. Sementara itu, harga emas AS naik 0,4% menjadi USD 2,43.80.

Imbal hasil Treasury AS 10-tahun mencapai level terendah dalam tiga bulan. Harga emas ditetapkan pada titik tertinggi sepanjang masa.

Harga emas naik menjadi $2,135.40 pada hari Senin, sebelum jatuh lebih dari $100 karena ketidakpastian mengenai waktu penurunan suku bunga, yang dipicu oleh meningkatnya ekspektasi bahwa The Fed akan memangkas suku bunga.

Beberapa panduan bisa datang dari data non-farm payrolls AS pada hari Jumat menjelang pertemuan kebijakan bank sentral AS minggu depan. “Pedagang emas dan perak berada dalam posisi yang tidak menguntungkan, dan laporan pendapatan pada hari Jumat mungkin akan memberikan pemicu…Sementara kami memperkirakan angin kencang akan membebani penurunan logam mulia dalam jangka menengah, kondisi saat ini sudah siap untuk mendapat tekanan,” para analis TD Jaminan pada Catatan.

Menurut alat FedWatch CME, para pedagang meningkatkan kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Maret tahun depan menjadi 60%.

Sumber dana yang lebih aman, yang didorong oleh perang di Ukraina dan Timur Tengah, serta spekulasi mengenai penurunan suku bunga, meningkatkan harga banyak mata uang lebih dari 10 persen. Suku bunga rendah membuat produk emas menarik dibandingkan aset pesaing seperti obligasi dan dolar.

Menurut Daniel Pavillonis, kepala strategi pasar di RJO Futures, cadangan uang tunai saat ini merupakan pendorong terbesar emas dan harga akan terus meningkat tahun depan.

“Geopolitik bisa berperan besar dalam meningkatkan harga emas tahun ini dan tahun depan,” ujarnya.

Perak turun 1% menjadi USD 23,88 per ounce, sementara platinum turun 1% menjadi USD 890,23, keduanya turun untuk sesi ketiga berturut-turut.

Sementara itu, paladium naik 1,3 persen menjadi $946,20, menghentikan enam penurunan berturut-turut dari level terendah dalam lima tahun.

Harga emas turun pada hari Selasa setelah mencapai level tertinggi sebelumnya karena dolar kembali menguat. Hal inilah yang menyebabkan harga emas dunia berubah.

Investor juga menahan diri untuk tidak mengambil risiko besar menjelang data ketenagakerjaan AS, yang memberikan lebih banyak petunjuk mengenai arah suku bunga AS.

Harga emas di pasar spot turun 0,5% menjadi USD 2.020,29 pada pukul 15:10 Rabu (6/12/2023), dikutip dari CNBC. dan (2010 GMT).

Emas naik menjadi $2,135.40 dari level terendah $2,036.30 sebelum jatuh lebih dari $100 semalam.

Momentum yang mengangkat emas ke rekor tertinggi pada hari Senin mungkin akan melemah dalam jangka pendek di tengah ketidakpastian mengenai waktu penurunan suku bunga AS. Namun krisis politik yang lebih luas akan memberikan tekanan pada standar baru, kata para analis. Analisis pergerakan harga emas

Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals, mengatakan bahwa reli emas telah terhenti setelah reli tersebut, menambahkan, “Level USD 2.000 mungkin merupakan titik terendah pasar jangka pendek.” “

Dolar naik 0,2 persen, kenaikan terbesar dalam dua minggu, menjadikan emas sebagai yang termahal dibandingkan mata uang lainnya.

Menurut alat FedWatch CME, para pedagang sekarang menjual peluang penurunan suku bunga sebesar 66% pada bulan Maret. Suku bunga yang rendah mendukung kenaikan emas yang tidak menguntungkan.

Kami memperkirakan harga (emas) akan naik tanpa batas waktu hingga $2.100 per troy ounce pada paruh kedua tahun 2024, tepat ketika The Fed mulai menurunkan suku bunganya, kata Commerzbank dalam sebuah catatan.

Data menunjukkan bahwa lowongan pekerjaan di AS turun ke level terendah dalam dua setengah tahun pada bulan Oktober, menunjukkan bahwa suku bunga yang lebih tinggi mengurangi permintaan akan pekerja.

Investor mengamati laporan non-farm payrolls AS pada hari Jumat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *