Maret 3, 2024

Liputan6.com, Menteri Pertanian Bandung Andy Amran Sulaiman berharap kapasitas produksi padi di Provinsi Jawa Barat bisa ditingkatkan. Ia pun memberikan target Provinsi Jawa Barat mampu memproduksi 11 juta ton beras dalam beberapa tahun ke depan.

Oleh karena itu, kata dia, kegiatan budidaya padi serentak merupakan langkah strategis dalam meningkatkan indeks pertanian (IP) dan produktivitas.

Selain itu, Menteri Pertanian Amran mengatakan, bisa dikembangkan lahan baru seluas 39.165 hektar di Provinsi Jawa Barat.

Tantangannya saat ini adalah ketersediaan pupuk, saluran irigasi, pemompaan Waduk Jatilhore dan Sungai Sitaram, sumur submersible, serta pencegahan konversi lahan, ujarnya.

Di sisi lain, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pertanian Amran karena menaruh perhatian besar terhadap pembangunan pertanian di Indonesia. Ia mengatakan, Presiden sudah menyiapkan grand design pembangunan tiga bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum diperintahkan untuk membangun bendungan 8 tahun lalu untuk menilai situasi saat ini. Alhamdulillah ketika El Nino datang, kami bisa merasakan manfaatnya (pembangunan bendungan).

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Swendi mengatakan Provinsi Jawa Barat merupakan hub produksi beras nasional dengan jumlah beras lebih dari 5 juta ton dan berjalan dengan berbagai keberhasilan dalam meningkatkan produksi dan produktivitas padi.

“Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Andy Amran Sulaiman untuk fokus pada peningkatan produksi padi dan jagung di tengah tantangan global dan El Nino,” ujarnya.

Suandi juga meyakini Provinsi Jawa Barat mampu meningkatkan Indeks Tanam (IP) dari satu atau dua kali panen per tahun menjadi dua hingga tiga kali panen per tahun.

Bahkan, Jabar berkomitmen tanam dan panen empat kali setahun pada tahun 2024 (IP400), seluas 110.000 hektare di Indramayo, Karang, Sabang dan daerah lainnya, ”ujarnya.

“Model IP 400 dapat memperluas areal tanam yang merupakan strategi selanjutnya dalam upaya peningkatan produksi,” tambah Swinde.

Sekadar informasi, Provinsi Jawa Barat mempunyai peranan penting dalam sektor pertanian nasional. Provinsi Jawa Barat adalah penghasil beras terbesar kedua di Indonesia, dengan total produksi sebesar 5,45 juta ton, mengutip statistik dari Kementerian Pertanian.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *