Februari 27, 2024

kabarbin.com Lifestyle – Seringkali orang menganggap teh oolong sebagai barang mewah yang tidak terlalu mereka pahami. Namun teh ini tidak jauh berbeda dengan teh hitam atau teh hijau biasa, bahkan bisa dianggap kombinasi keduanya.

Lebih lanjut, melalui penelitian lain kami menyimpulkan bahwa teh oolong memberikan lebih banyak manfaat bagi tubuh dibandingkan teh hijau dan hitam.

Teh oolong adalah pilihan yang cocok jika Anda ingin menikmati minuman panas menyegarkan yang tidak terlalu kuat, namun memiliki lebih sedikit kafein dan rasa, sehingga dapat menyegarkan lidah Anda.

Menurut sebagian orang, tidak salah jika mengatakan bahwa meminum teh ini seperti liburan 5 menit bagi pikiran dan tubuh. Selain itu, meminum teh ini adalah cara yang baik untuk mencegah diri Anda ngemil tanpa berpikir panjang.

Jika Anda adalah seseorang yang mudah lelah di siang hari atau hanya membutuhkan sedikit perhatian dan kasih sayang sesekali, teh oolong layak untuk dicoba!

Apa itu teh oolong?

Sederhananya, teh oolong adalah teh semi-fermentasi yang secara tradisional dikonsumsi di Tiongkok. Diperoleh dengan cara menjemur daun Camellia Sinensis di bawah sinar matahari, dikocok ringan, kemudian dioksidasi sebagian. Seperti halnya teh hitam, teh ini juga mengandung campuran katekin dan flavonoid yang membuat teh ini kaya akan vitamin antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan Anda.

Dibandingkan jenis teh lainnya, teh jenis ini memiliki rasa yang unik dan kompleks seperti dilansir Pinkvilla, Kamis 30 November 2023. Aroma bunga dan buah-buahan yang indah, dengan sedikit rasa gosong dan bersahaja seperti teh hitam. Cara yang biasa untuk menyiapkan teh oolong adalah dengan merendamnya dalam air panas, namun banyak orang saat ini lebih suka membuat es teh atau menambahkan susu ke dalam cangkirnya, yang juga merupakan cara yang sangat baik untuk mengonsumsinya.

Nilai gizi teh Oolong

Meskipun fakta tentang teh oolong ini jarang diketahui, teh oolong mengandung asam amino tertentu yang dikatakan memberikan banyak manfaat kesehatan (4). Selain itu, bukti populer menunjukkan bahwa buah ini mengandung sejumlah kecil nutrisi seperti mangan, potasium, magnesium, niasin (vitamin B), dan natrium.

Cara menyajikan teh oolong

Berikut beberapa cara menyiapkan secangkir teh oolong:

Jika Anda ingin menyiapkan teh dalam teko Yixing yang merupakan cara pembuatan tradisional Tiongkok, Anda hanya perlu menambahkan daun teh dan menuangkan air panas ke atasnya hingga penuh. Kemudian, tutup penutupnya dan tuangkan air panas ke seluruh wadah untuk menambah rasa. Diamkan beberapa menit, lalu tuang ke dalam gelas.

Ini adalah cangkir tanah liat tradisional Tiongkok, yang dilengkapi dengan piring dan penutup. Anda bisa memulainya dengan menambahkan daun teh dan menuangkan air panas ke atasnya dengan gerakan memutar. Kemudian tutup dan biarkan hingga meresap.

Setelah selesai, geser tutupnya agar ada celah yang cukup untuk menuangkan minuman. Tekan kuat-kuat tutup dan tepi Gaiwan, lalu pegang pada sudut 90 derajat saat menuang. Pastikan tidak ada daun teh yang jatuh ke dalam minuman.

Kebanyakan ketel dan gelas modern dilengkapi dengan filter baja tahan karat bawaan. Untuk menggunakannya, Anda cukup menambahkan 2-3 sendok teh daun teh (sedikit jika berbentuk cangkir) dan air panas, lalu tekan tutupnya dengan kuat hingga mengembang. Setelah 2-4 menit Anda bisa menuangkan teh. Jika berbentuk cangkir, Anda bisa melepas saringannya dengan hati-hati, hati-hati jangan sampai daun teh jatuh ke dalam minuman.

Meskipun pecinta teh tradisional mungkin tidak menyukai metode ini, menggunakan teh celup adalah cara yang sangat sederhana untuk menyiapkan teh oolong. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kantong teh ke dalam cangkir, menuangkan air panas, dan menarik talinya ke atas dan ke bawah untuk menyerap rasa secara efektif.

Seperti kopi cold brew, Anda bisa memasukkan daun teh oolong ke dalam toples atau cangkir kedap udara dan diamkan di lemari es selama 4-6 jam. Jangan terlalu tinggi! Kemudian saring daunnya dan gunakan kurang dari 20 jam.

Anda juga bisa memilih untuk menambahkan 1-3 sendok makan susu ke dalam teh oolong Anda, terutama jika masih hangat. Jangan ragu untuk mempermanisnya dengan nektar agave, sirup maple, atau madu jika diinginkan. Beberapa varietas yang populer termasuk teh oolong persik, teh oolong ginseng, teh oolong melati, dan teh oolong jahe, yang merupakan cara menyenangkan untuk mendapatkan manfaatnya sambil memasukkan makanan lain ke dalam pola makan Anda.

Sekarang setelah Anda melihat berbagai cara menyiapkan teh oolong, mari kita pahami manfaatnya untuk mengetahui apa yang sedang populer!

8 manfaat kesehatan dari teh oolong

Selama beberapa generasi manfaat teh diyakini menyehatkan tubuh. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa minum teh hampir setiap pagi, terutama di pagi hari.

Namun jika selama ini hanya dihabiskan untuk menyiapkan satu jenis teh saja, sepertinya kebiasaan tersebut perlu diubah. Pasalnya, dengan menggunakan satu jenis teh saja, Anda akan rugi

Kesempatan untuk mendapatkan berbagai manfaat berharga yang dimiliki teh jenis lainnya.

Membuat tubuh Anda langsing

Bagi yang ingin memiliki bentuk tubuh langsing, pastikan tidak melewatkan minum teh oolong. Teh oolong adalah minuman pembakar lemak yang sangat baik yang juga mengandung niasin.

Kehadiran niacin berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh dan merupakan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah gigi berlubang. Ini memfasilitasi penurunan berat badan

Seperti yang diketahui banyak orang, teh oolong bermanfaat bagi tubuh dengan membantu menurunkan berat badan. Katekin dalam teh dikatakan dapat meningkatkan metabolisme seseorang dan membantu mengatur keseimbangan energi.

Hal ini dikonfirmasi dalam sebuah penelitian di Jepang yang dilakukan pada sebelas wanita sehat, yang menyimpulkan bahwa teh oolong memberi tubuh mereka terpolifenol dua kali lebih banyak dibandingkan teh hijau, sehingga meningkatkan metabolisme energi mereka.

Selain itu, seperti minuman berkafein lainnya, teh oolong membantu mengekang rasa lapar, sehingga Anda cenderung tidak menikmati camilan tidak sehat hanya karena bosan!

Namun, hasil nyata hanya bisa terlihat jika digunakan secara rutin, dibarengi dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif. Selain itu, kafein dalam teh oolong membakar lemak tanpa menghabiskan tingkat energi tubuh Anda.

Dapat mencegah kanker

Selain itu, senyawa polifenol juga berkontribusi signifikan terhadap efek antikanker.

Ini membantu kekebalan

Teh oolong mengandung asam amino yang disebut L-Theanine yang merupakan penambah kekebalan tubuh yang sangat baik. Hal ini, bersama dengan khasiatnya yang meningkatkan kesehatan, membantu mencegah pilek dan flu. Selain itu, sangat penting dalam mencegah peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Ini dapat meningkatkan kinerja kognitif

Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menggunakannya secara teratur untuk meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan.

Ini adalah alternatif yang bagus untuk kopi

Kandungan kafein pada teh oolong jauh lebih rendah dibandingkan teh hitam atau kopi. Selain itu, kafein dalam teh oolong cenderung tidak membuat Anda dehidrasi atau berdampak buruk pada kesehatan tidur Anda.

Ini menjadikannya alternatif kopi yang nikmat, menyegarkan dan menyegarkan. Selain itu, berbeda dengan kopi, teh oolong diperkirakan memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan gigi dan mencegah kerusakan enamel gigi. 14

Tidak ada sesuatu pun di dunia ini yang tidak berbahaya, termasuk teh oolong favorit kita! Berikut ini penjelasan beberapa di antaranya.

Efek Teh Oolong:

Mengonsumsinya saat perut kosong dapat menyebabkan sakit perut, mual, naiknya asam lambung, dan mulas. Hal ini mungkin disebabkan oleh tanin dalam teh oolong yang bereaksi dengan asam pencernaan di usus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Minum teh oolong pada waktu yang salah juga dapat mempengaruhi saluran kemih dan menimbulkan masalah seperti diare.

Dan jika Anda adalah seseorang yang sudah memiliki masalah kecemasan, minum teh dalam jumlah banyak dapat memperburuk keadaan! 14 Konsumsi teh oolong secara berlebihan, seperti minuman berkafein lainnya, dapat membuat Anda merasa gelisah dan gelisah. Kafein dapat menyebabkan detak jantung Anda meningkat secara tidak normal, menyebabkan kecemasan dan depresi yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Seperti yang Anda lihat, sebagian besar efek negatif teh oolong berasal dari minum terlalu banyak atau minum pada waktu yang salah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi lebih dari satu hingga tiga cangkir per hari, pada pagi hari (setelah sarapan) dan sore hari (setelah makan siang) untuk mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, meminum teh susu oolong dibandingkan teh biasa dapat mencegah masalah seperti refluks asam. Berbagai manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes, lakukan secara rutin. Jalan kaki membantu kesehatan sendi dengan meningkatkan kelenturan dan kekuatan, sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes yang mungkin menghadapi masalah sendi kabarbin.com.co.id 5 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *