Februari 26, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ilmuwan China telah mengembangkan model numerik untuk mensimulasikan atmosfer Mars, membantu rencana negara tersebut untuk mengumpulkan sampel bantuan dari planet merah tersebut. Model tersebut mensimulasikan siklus debu, air, dan karbon dioksida di atmosfer Mars.

Ini akan digunakan untuk mensimulasikan kondisi cuaca untuk pendaratan pesawat ruang angkasa, termasuk suhu permukaan, angin dan debu. Studi ini baru-baru ini dipublikasikan di jurnal China Science Bulletin.

Dilansir Space, Sabtu (25/11/2023), China berencana meluncurkan misi pengembalian sampel Tianwen-3 ke Mars antara tahun 2028 hingga 2030, menurut pemberitaan sebelumnya. Seorang pendarat akan mengumpulkan hingga 500 gram material Mars menggunakan bor dan lengan robot.

Kendaraan pengangkat kemudian akan membawa muatan berharga ke orbit Mars untuk bergabung dengan pengorbit untuk mengantisipasi perjalanan pulang yang jauh.

Menurut kantor berita pemerintah Tiongkok Xinhua, kepala peneliti Wang Bin mengatakan: “Model atmosfer baru ini dapat mensimulasikan suhu di zona pendaratan, dan para ilmuwan dapat menggunakan informasi ini untuk merancang kendaraan penjelajah Mars. Rancang bahan yang sesuai untuk menghindari suhu dingin yang ekstrim. .” .

Model tersebut, Model Atmosfer Planet Terbuka Global untuk Mars, atau GoMars, dikembangkan menggunakan data dari penjelajah Mars Zhurong Tiongkok, pendarat Viking 1 dan 2 milik NASA, dan kumpulan data analisis ulang OpenMARS, yang merupakan rekor dunia. cuaca

Zhurong adalah bagian dari misi planet pertama Tiongkok, Tianwen-1, yang akan diluncurkan pada tahun 2020 dan mencakup pengorbit Mars. Tianwen-2, yang dijadwalkan diluncurkan pada awal tahun 2025, akan mengunjungi asteroid dekat Bumi dan sabuk utama, sedangkan Tianwen-3 akan mengambil sampel Mars.

Tianwen-4, yang dijadwalkan diluncurkan sekitar tahun 20230, akan terbang menuju Jupiter dan bulannya Callisto, sekaligus terpisah dari wahana yang terbang melewati Uranus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *