Februari 26, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dokter paru dari Persatuan Paru-Paru Indonesia, dr Erlina Burhan mengatakan, pneumonia mikoplasma gejalanya ringan dan jarang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, pasien yang terkena biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus.

Perlu informasi, pneumonia mikoplasma sudah ada di Indonesia sejak lama namun gejalanya sangat ringan, jarang terjadi, dan penderita tidak diobati sehingga tidak perlu memberikan perhatian khusus, ujarnya secara online. pesan. diskusi di Jakarta, Kamis (30 November 2023).

Ia menegaskan, karakteristik wabah pneumonia misterius yang saat ini terjadi di Tiongkok menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan situasi jangka panjang Covid-19.

Berbeda dengan long Covid-19, Mycoplasma pneumonia adalah long Covid-19 yang gejalanya tetap ada meski hasil tesnya negatif, ujarnya.

Menurutnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebaiknya mengadakan seminar atau simposium untuk menjamin pemahaman masyarakat agar tidak terlalu khawatir dengan penyakit misterius pneumonia yang sebenarnya sudah hadir di Indonesia sejak dulu. Meski demikian, Erlina menekankan pentingnya mendukung sistem kekebalan tubuh sebagai upaya pencegahan yang efektif.

“Kita belajar dari pandemi Covid-19, setiap orang harus mengikuti protokol kesehatan, menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker,” ujarnya.

Dia menegaskan, tidak perlu ada larangan bagi warga negara China untuk masuk ke Indonesia. Namun rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mencegah orang sakit bepergian diharapkan dapat mengurangi risiko wabah di Indonesia.

Ia mengatakan, informasi mengenai keterkaitan bakteri pneumonia di Indonesia dan China masih perlu dikaji untuk dipahami lebih dalam.

Kementerian Kesehatan telah mengambil sejumlah langkah untuk mencegah penyebaran pneumonia Mycoplasma di Indonesia, salah satunya dengan menerbitkan Surat Edaran No. 11/2014/TT-BTC. PM.03.01/C/4732/2023 tentang Kewaspadaan Mycoplasma Pneumonia di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *