Februari 27, 2024

Lamongan – Kafilah Jawa Tengah berhasil menjadi juara umum pada Musabaqah Qira’atil Kutub (MQKN) Nasional 2023 yang digelar di Perguruan Tinggi Agama Islam, Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur. Pengumuman tersebut disampaikan Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Islam Kementerian Agama, menjelang penutupan MQKN 2023 pada Senin malam, 17 Juli 2023.

“2023. Pada ajang MQKN 2018, Dewan Juri menetapkan Central Ava Caravan sebagai juara umum dengan perolehan juara 1 sebanyak 21 orang, juara 2 sebanyak 3 orang, juara 3 sebanyak 9 orang, dan runner up sebanyak 7 orang,” ungkapnya saat menutup acara Ali Ramdhani. acara MQKN 2023.

Ramdhani kemudian melanjutkan, untuk peringkat berikutnya kafilahnya adalah Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Riau, Lampung, dan Sumatera Selatan. Kafilah Provinsi seperti disebutkan sebelumnya masuk peringkat 10 besar MQKN 2023.

Sedangkan untuk Kafilah Ma’had Aly, Dewan Juri MQKN menetapkan Ma’had Aly Kafilah Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Juara Umum Jombang. Peringkat berikutnya adalah Ma’had Aly Pesantren Al-Munawwaroh, Kota Pekanbaru, Riau dan Ma’had Aly As’adiyah, Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan. Kafilah Ma’had Aly masuk dalam peringkat 3 besar MQKN 2023 seperti yang telah disebutkan di atas.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan rangkuman panitia MQKN, terdapat 3 Pondok Pesantren yang memperoleh peringkat pertama terbanyak, yakni Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Pondok Pesantren Raudlatul Ulum , Gajangan, Pati, Jawa Tengah dan Perguruan Tinggi Islam Darul Falah Amtsilati, Bangsri, Jepara, Jawa Tengah.

“Berdasarkan data kami, jumlah santri putra dan putri yang meraih juara pertama sebanyak 26 orang. Artinya, jumlah calon ulama putra dan putri pada MKQN tahun ini berimbang,” kata Ali Ramdhani.

Acara MQKN diikuti oleh 2.170 orang pimpinan, pembina dan peserta dari Karavan Provinsi dan Ma’had Aly. Malam penutupan MQKN 2023 yang dihadiri ribuan masyarakat ini juga dimeriahkan dengan doa kerukunan yang dibawakan oleh Syubbanul Muslimin dan tarian yang dibawakan oleh 56 orang penari. Longsor Gunung Wonogiri Kubur Warga, Kantor SAR Semarang Kirim Tim Pencarian Pencarian korban longsor di Wonogiri masih terus dilakukan. kabarbin.com.co.id 6 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *