Maret 3, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Google muncul hari ini Kamis (12/7/2023) dengan gambar kapal Pinisi. Doodle ini memperingati hari pada tanggal 7 Desember 2017, ketika Sidang ke-12 Komite Warisan Budaya Unik menobatkan Pembuatan Kapal Pinisi sebagai Masterpiece of Human Oral and Intangible Heritage.

Pembuatan kapal di Indonesia dimulai ribuan tahun yang lalu. Namun, pelaut Sulawesi Selatan membangun pinisi modern pertama pada tahun 1906.

Terinspirasi dari gaya sangkar Eropa, mereka menyadari bahwa dengan melepas lambung tengah, kapal bisa melaju lebih cepat. “Ini merupakan keuntungan yang sangat besar bagi transportasi barang dan manusia,” tulis Google dalam keterangan resminya.

Desain besarnya menggantung lambung besar di bagian depan kapal. Perahu menjadi semakin populer selama bertahun-tahun, namun komunitas perahu puncak tetap menjadi yang paling terkenal. Tersedia di Sulawesi.

Pada tahun 1980an, masyarakat mulai menambahkan mesin pada perahu layar. Setelah bertahun-tahun berbagi rencana secara lisan, tata letak kapal secara resmi dikodifikasi pada tahun 1990an.

Warisan pembuatan kapal Sulawesi Selatan terus berkembang. Saat ini perahu pinisi menjadi pilihan utama untuk perjalanan memancing dan misi wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *