Februari 28, 2024

Jakarta, 19 Oktober 2023 – Sejalan dengan keinginan pemerintah untuk mempercepat elektrifikasi di Indonesia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membantu mewujudkan keinginan tersebut.

Pada pameran EDRR Indonesia 2023, BNPB menghadirkan sepeda motor listrik Gesits G1 dengan warna oranye dan melihat penggunaan side box berlogo BNPB pada sepeda motor tersebut.

Adelina selaku tim BNPB pada pameran EDRR Indonesia menyampaikan bahwa BNPB telah menggunakan sepeda motor listrik sejak tahun 2019 dan hingga saat ini jumlahnya terus meningkat di setiap kabupaten.

“Penggunaan sepeda motor listrik sebenarnya sudah dilakukan sebelum adanya covid-19, sekitar tahun 2019, sudah 4 tahun. Saat ini minimal ada satu unit di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) di setiap kabupaten,” kata Adelina, di JIEKSpo. Kemaioran, dikutip kabarbin.com Otomotif.

Adelina juga menjelaskan alasan penggunaan sepeda motor listrik ini lebih karena sejalan dengan harapan pemerintah untuk mengurangi polusi dan gas rumah kaca.

“Sekarang pemerintah juga sudah mengusulkan transfer, dan di Jakarta pencemarannya semakin parah. Karena kita BNPB, ini salah satu solusi kita dalam menghadapi bencana. Ya, kita juga peduli terhadap lingkungan,” jelasnya.

Setelah itu, menurut Adelina, sepeda motor listrik terbukti lebih efektif menjangkau daerah terpencil, “Kendaraan ini (sepeda motor listrik) dirancang untuk penyelamatan, sehingga bisa bergerak cepat ke tempat terpencil.”

Ditanya apakah BNPB akan menggunakan kendaraan roda empat listrik dalam penyelamatan atau penanganan bencana, Adelina mengatakan pihaknya belum punya rencana ke arah itu karena sudah mempertimbangkan pembatasan yang ada.

“Sampai saat ini kita belum menggunakan mobil listrik karena sepertinya ada kendala pada pengisian daya. Jadi kalau ke lokasi bencana mungkin agak terbatas. Tapi ke depan mudah-mudahan ada,” dia dikatakan.

Adelina pun berharap anak bangsa bisa meningkatkan produksi mobil listrik dengan daya tahan baterai lebih lama sehingga bisa menjangkau lokasi bencana.

“Diharapkan anak bangsa bisa meningkatkan produksi mobil listrik yang bisa menjangkau lokasi bencana, mungkin daya tahan baterainya bisa lebih lama.” Dia menutupnya. Perebutan aki sepeda motor listrik, 2 Oyola terlibat perkelahian di pinggir jalan. Dua pengemudi ojek (ojol) berkelahi di Jalan Aksari, Bantan Timur, Medan Tambung, Kota Medin, Sumatera Utara (Sumet). kabarbin.com.co.id 7 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *