Februari 27, 2024

Jakarta – Semua jenis kendaraan bermotor rentan mengalami masalah karat yang dapat merusak struktur dan bodi. Karat sering kali sulit dideteksi dan jika menyebar, karat dapat menjadi bahaya yang serius.

Dijelaskan Yanto Rudianto, Body Paint Analyst Auto2000, karat merupakan akibat dari korosi, yaitu proses oksidasi logam yang menyebar dengan cepat dan menimbulkan efek samping yang merugikan.

Dalam keterangan resminya, kabarbin.com Otomotif mengutip Jumat 25 Agustus 2023 yang mengatakan, “Serangan korosi sulit dideteksi dan menjadi masalah besar jika tidak segera ditangani.

Bagian undercarriage, sasis, dan rangka mobil rentan berkarat akibat kotoran dan rembesan air di jalan basah.

Engsel pintu dan bagian atas mobil juga lebih rentan terkena air. Air hujan, terutama di lingkungan perkotaan dengan tingkat keasaman tinggi, memiliki kandungan mineral dan sifat korosif sehingga dapat mengikis lapisan cat mobil.

Tentu saja, air laut juga berkontribusi terhadap risiko karat pada kendaraan yang dikendarai di dekat atau di sekitar laut.

Pemicu utama berkembangnya karat adalah perawatan yang tidak tepat, seperti mencuci mobil dengan air tanah yang mengandung mineral tinggi dan menggunakan bahan pembersih yang bersifat abrasif. Penggunaan bahan kimia korosif pada mobil juga dapat menyebabkan karat pada bagian logam.

Perawatan rutin sangat penting untuk mencegah timbulnya karat. Yanto Rudianto menyarankan untuk merawat mobil seperti mencucinya secara rutin.

“Hindari mencuci di bawah sinar matahari langsung atau di bawah pohon yang dapat mengeluarkan getah atau kotoran,” ujarnya.

Menggunakan alat pembersih yang tepat seperti kain mikrofiber dan bahan non-abrasif akan membantu menjaga lapisan pelindung cat.

Pastikan juga untuk memeriksa bagian mobil yang rawan karat, seperti bagian bawah, dan segera bertindak jika ada tanda-tanda karat. Upaya pencegahan ini penting karena lapisan pelindung cat dapat terkikis seiring berjalannya waktu.

Jika perawatan kurang maksimal, mengaplikasikan lapisan pelindung cat tambahan bisa menjadi solusi efektif yang diberikan Auto2000. 5 Ciri Ini yang Menjadikan Mitsubishi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *