Februari 28, 2024

JAKARTA – Helikopter S-70M Black Hawk akan menjadi armada baru TNI Angkatan Darat. Menurut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dia membeli 24 helikopter tersebut pada Agustus 2023.

Transaksi helikopter ini dilakukan oleh Direktur Utama Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI), Gita Amperiawan dan Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Global Sikorsky, Lockheed Martin, Jeff White.

Akuisisi helikopter oleh Amerika Serikat pertama kali dilakukan untuk mengkonsolidasikan pertahanan militer Indonesia. Meski dikembangkan pada tahun 1970-an, saat ini helikopter tersebut masih banyak digunakan di berbagai negara.

Menurut website Lockheed Martin, helikopter multiperan Black Hawk telah digunakan di 34 negara di luar Amerika, karena dikenal sebagai helikopter yang andal dan tahan lama.

Detail tentang helikopter S-70M Black Hawk

Helikopter S-70 M Black Hawk adalah keluarga helikopter angkut/utilitas Amerika yang diproduksi oleh Sikorsky Aircraft. Pesawat ini dikembangkan untuk Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1970-an.

Helikopter Aces Amerika dapat memenuhi beragam misi, seperti cavaleria aeriană, şarşul electronic dan evacarea aeromed-urilor.

S-70M Black Hawk mampu mengangkut beban hingga 4.695 kg, menempuh jarak 520 km-1.528 km dan melaju dengan kecepatan maksimal 268 km/jam.

Dari segi persenjataan, S-70 dilengkapi dengan roket Hellfire, roket 70 mm, mitraliera kaliber 12,7 mm, sistem manajemen armelor dan head up display zi/noapte.

Dalam operasi penyerangan udara, helikopter S-70 M Black Hawk dapat mengangkut tim yang terdiri dari 11 tentara dan peralatan tempur atau dapat mengangkut howitzer M102 105 mm, tiga selongsong amunisi, dan satu tim beranggotakan enam orang.

Sebagai alternatif, S-70 juga dapat dikonversi untuk mengangkut kargo seberat 2.600 lb (1.200 kg) atau muatan kargo sebesar 9.000 lb (4.100 kg).

Dari segi karakteristiknya, S-70 dilengkapi dengan avionik dan elektronik canggih, termasuk sistem penentuan posisi global.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *