Februari 26, 2024

JAKARTA – Israel dikabarkan baru-baru ini mendapat dukungan dari pesawat pengintai Shadow R1 milik Kerajaan Inggris. Pesawat tersebut dikirim ke Jalur Gaza untuk membantu pencarian sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

Pesawat pengintai Shadow R1 ini ternyata tidak memiliki senjata. Dengan kata lain: lakukan saja penyelidikan khusus. Meski begitu, pesawat ini dikenal mampu melacak sasaran secara akurat dan cepat.

Spesifikasi pesawat pengintai Inggris R1

1. Desain dan dimensi pesawat ISTAR Shadow R1

Shadow R1 adalah pesawat pengawasan udara yang dilengkapi dengan radar canggih dan sistem pemrosesan data. Inggris sering menerbangkan pesawat ini dalam sejumlah misi khusus.

Shadow R1 memiliki badan pesawat berbentuk bulat dengan konfigurasi sayap yang relatif rendah. Diketahui pula, pesawat ini memiliki panjang 13,34 m, tinggi 4,57 m, lebar sayap 16,61 m, dan lebar sayap 28,8 m.

2. Kokpit dan avionik Shadow R1

Shadow R1 dapat dilengkapi dengan beberapa kit avionik Rockwell Collins ProLine II atau Rockwell Collins Pro Line 21. Rangkaian avionik ini mencakup sistem navigasi umum, altimeter, dua indikator kecepatan udara, pengontrol lalu lintas udara, dan sistem informasi penerbangan elektronik.

Layar kristal cair (LCD) matriks aktif di kokpit menyimpan semua informasi pesawat. Ini termasuk data mesin, data navigasi, peta, lokasi dan tujuan saat ini, data lingkungan, dan data dari sensor lalu lintas udara.

Selain itu, terdapat perlengkapan standar lainnya di dalam kokpit, seperti sistem kendali penerbangan, autopilot, komputer informasi penerbangan, radar pendeteksi turbulensi, dan global positioning system (GPS).

3. Sensor/radar

Pesawat pengintai R1 Inggris dilengkapi dengan sistem elektro-optik/inframerah, radar bukaan sintetis/radar bukaan sintetis terbalik (SAR/ISAR), sistem peringatan rudal, dan sistem pengiriman tindakan pencegahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *