Februari 25, 2024

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM – Gol tunggal Leon Bailey pada menit ke-74 sudah cukup bagi Aston Villa membungkam tamunya Manchester City pada laga pekan ke-15 Liga Inggris, Kamis (7/12/2023) dini hari. WIB. Dengan kemenangan ini, Villa menambah rekor impresifnya saat tampil di Stadion Villa Park.

Villa belum berpuas diri, mencatatkan kemenangan beruntun dalam 14 laga kandang terakhirnya di Liga Premier Inggris. Tak hanya terbukti menjadi tim yang lebih baik dari Man City di lapangan, Villa juga mengungguli juara bertahan Liga Premier Inggris itu.

Villa berhasil menembus tiga besar klasemen dengan merebut posisi ketiga dari Man City. Villa unggul dua poin dari Man City dengan total 32 poin dari 15 pertandingan. Sekaligus menjadi kejutan terbesar di pekan ke-15 Liga Inggris, kemenangan atas Man City ini menjadi krusial bagi perjalanan Villa musim ini.

Meski begitu, pelatih Villa Unai Emery tak ingin anak asuhnya berpuas diri mengalahkan juara bertahan Liga Inggris dan Liga Champions. Menurutnya, tantangan terberat Villa pasca kemenangan ini adalah menjaga keseimbangan permainan dan melanjutkan momentum.

Pelatih asal Spanyol itu juga menargetkan Arsenal sebagai korban berikutnya dari penampilan impresif Villa musim ini. Selain itu, Villa akan memainkan pertandingan kandang lainnya melawan Arsenal di Liga Premier Inggris akhir pekan ini.

“Kami akan menghadapi Arsenal pada akhir pekan. Mungkin kita punya waktu dua hari lagi untuk beristirahat dan menikmati momen kemenangan ini. Namun, kami juga harus tetap fokus. Saya ingin menggunakan kemenangan ini sebagai langkah tambahan untuk membangun pola pikir pemenang dan tetap seimbang, kata mantan pelatih Paris Saint Germain (PSG) itu, seperti dikutip Birmingham Live, Kamis (7/12/2023).

Performa Villa pada laga melawan Man City mendapat banyak pujian. Pada laga tersebut, Villa berhasil tampil dengan intensitas tinggi dan sangat agresif dalam menekan tuan rumah.

Douglas Luiz dan kawan-kawan berhasil melepaskan 22 tembakan sepanjang pertandingan. Inilah rekor tembakan terbanyak yang dihadapi Man City dalam tujuh musim terakhir.

Selain itu, Villa juga bisa tampil kokoh di lini belakang untuk memblok segala serangan yang dilakukan warga. Sebaliknya, tim asuhan Pep Guardiola hanya berhasil melepaskan dua tembakan sepanjang pertandingan. Rekor tersebut merupakan jumlah tembakan dalam satu pertandingan terendah yang dicatat Man City sejak dilatih Pep Guardiola pada 2016.

”Kami melakukannya dengan baik dalam bertahan dengan menggunakan garis pertahanan yang tinggi dan berusaha agresif. Saat menghadapi tim seperti Manchester City, Anda harus bisa memanfaatkan momen-momen kecil dan berusaha mengendalikan permainan. “Kami berhasil mengakhiri peluang, namun pertandingan ini tidak semudah yang terlihat,” jelas Emery.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *