Februari 27, 2024

Liputan6.com, Jakarta – Kecepatan akselerasi digital saat ini mendorong berbagai negara untuk mengikuti perkembangan. Berkat kecerdasan buatan generatif (AI) ChatGPT, misalnya, berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pebisnis, perlu mengadaptasi teknologi ini di bidang profesional.

Market Manager Udemy Indonesia Giri Suhardi menyoroti, hingga saat ini, pertanyaan ChatGPT menjadi topik pembelajaran terpopuler di kalangan pengguna Udemy Business.

“Di Udemy ada pertumbuhan 60 persen khusus terkait kursus AI,” ujarnya dalam jumpa pers, Rabu (12/6/2023).

Dibandingkan dengan kuartal keempat tahun 2022, tingkat konsumsi kursus ChatGPT di Udemy pada kuartal pertama tahun ini melonjak menjadi 4419%, menunjukkan minat yang signifikan dari pelajar.

Selain itu, jumlah kursus terkait ChatGPT juga meningkat drastis: hingga saat ini, Udemy telah menawarkan 310 kursus dengan topik AI generatif, yang setara dengan 1.500 jam pelatihan.

“Dan di Indonesia sendiri, ChatGPT pada kuartal kedua tahun ini menjadi topik yang paling banyak digunakan di Indonesia,” tambah Giri.

Berdasarkan hasil pendaftaran mereka, minat terhadap ChatGPT meningkat sebesar 142% pada kuartal kedua tahun 2023 dibandingkan kuartal sebelumnya.

Sekadar informasi, lebih dari 1,8 juta pelajar di Indonesia telah mengikuti kursus terkait ChatGPT di Udemy, membuktikan popularitas topik teknologi otomasi ini di pasar pendidikan online.

Pembahasan yang paling banyak dicari pada topik ini adalah tentang pembuatan perintah atau engineering prompt. Menurut Giri, kemampuan rekayasa cepat tersebut akan sangat berguna bagi pengguna chatbot AI OpenAI.

Pasalnya, pengguna akan mendapatkan hasil terbaik yang diinginkan dari ChatGPT hanya melalui perintah yang baik dan benar. Itu sebabnya Udemy mencoba memenuhi kebutuhan ini dengan menawarkan kursus tentang topik mendetail tersebut.

ChatGPT sendiri adalah singkatan dari Generative Pre-trained Transformer 3, model bahasa alami yang dikembangkan oleh OpenAI. Kemampuannya menghasilkan teks yang menyerupai teks manusia membuatnya sangat populer di kalangan pengguna Udemy Business.

Kursus ChatGPT Udemy sendiri ditawarkan dalam berbagai level, mulai dari pemula hingga mahir. Oleh karena itu, topik ini juga populer di kalangan pengguna Udemy Business karena tersedianya materi yang lengkap.

Selain ketersediaan perangkat keras, kebutuhan akan pengetahuan tentang topik ChatGPT juga disebabkan oleh kebutuhan perusahaan untuk membekali karyawannya dengan keterampilan yang diperlukan agar selalu up to date.

“Setelah itu, penelitian IBM menemukan bahwa 40 persen karyawan perlu dilatih ulang setiap tiga tahun melalui AI dan otomatisasi,” kata Geary.

Kursus ChatGPT Udemy mencakup berbagai tingkat pemahaman, dari dasar hingga lanjutan. Pemula dapat memahami dasar-dasar ChatGPT, sedangkan tingkat menengah mencakup petunjuk dasar dan cara menggunakan AI untuk membuat objek.

Dalam kursus lanjutan, pelatihan Udemy akan mencakup topik seperti alat dan fitur khusus seperti ChatGPT Plus.

Dengan kesimpulan yang jelas, ChatGPT tidak hanya mendapat perhatian global, tetapi juga menjadi topik pembelajaran yang paling banyak dicari di Udemy. Ketersediaan kursus di berbagai tingkat menjadikannya pilihan yang cocok bagi pelajar dari semua tingkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *