Februari 28, 2024

Cina Sebuah galangan kapal di Jiangnan dilaporkan berencana membangun kapal kontainer bertenaga nuklir pertama. Terutama, Desain kapal kontainer yang dikenal dengan nama KUN-24AP ini menggunakan reaktor thorium yang lebih aman dan efisien dibandingkan reaktor uranium.

Berbeda dengan reaktor nuklir di kapal perang yang menggunakan uranium, Reaktor baru ini kemungkinan akan menggunakan logam radioaktif yang disebut thorium. Harga bijih thorium murah karena melimpah di China.

“Model kapal baru ini menggunakan tenaga nuklir sebagai sumber energi bersih dan mengadopsi solusi canggih dari reaktor garam cair generasi keempat,” tulis majalah Maritime China di akun resmi WeChat-nya. ) 2023).

Reaktor torium tidak memerlukan air dalam jumlah besar untuk pendinginan, sehingga lebih aman dan efisien. Teknologi ini begitu rumit sehingga sebagian besar negara, termasuk Amerika Serikat, berhenti mengembangkannya.

Tiongkok terus membangun reaktor nuklir thorium awal tahun ini, membuka reaktor garam berbasis thorium pertama di Gurun Gobi. Para ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut mengatakan reaktor tersebut dapat dipasang hampir di mana saja, termasuk di kapal.

Meski ukurannya kecil, reaktor thorium dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Sebagian besar penelitian yang dilakukan untuk proyek tersebut diklasifikasikan berdasarkan teknologi yang dapat digunakan di militer.

Desain kapal kontainer baru, yang disebut KUN-24AP, diresmikan oleh Jiangnan Shipyard yang berbasis di Shanghai pada pameran Marinetech China di kota tersebut. Peluncuran ini menunjukkan bahwa Tiongkok sangat percaya diri dengan teknologinya dan siap mempromosikannya secara global.

Jika dibangun, kapal tersebut akan menjadi salah satu kapal kontainer terbesar di dunia dengan kapasitas 24.000 kontainer standar yang mampu dialiri oleh reaktor nuklir air asin. “Ini adalah respons Jiangnan Shipbuilding terhadap perubahan iklim dan kebutuhan konservasi energi,” tulis China Maritime Journal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *