Februari 26, 2024

Kota Tangerang – Kecemasan anak saat memasuki lingkungan baru, terutama saat memasuki bangku sekolah, kerap terjadi.

Biasanya anak merasa cemas hingga menangis dan tidak ingin meninggalkan orang tuanya. Bahkan, dalam beberapa kasus, anak meminta orang tuanya untuk ikut kelas, menemani belajar, atau mengenal lingkungan baru.

Keadaan ini terkadang menimbulkan kebingungan di kalangan orang tua, yang tentunya berujung pada sikap orang tua yang tegas terhadap anak hingga membuat anak menangis.

Menyadari situasi tersebut, Pemerintah Kota Tangerang telah meluncurkan layanan konseling yang tersedia secara online melalui hotline khusus maupun offline.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang menyediakan layanan ini melalui Puspaga.

Presiden Puspaga Kota Tangerang Sri Damayanti mengatakan, dalam layanan ini orang tua dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater mengenai orang tua atau anak di hari-hari pertama sekolah.

“Sangat sedikit yang mampu mengomunikasikan permasalahannya kepada orang tuanya, begitu pula orang tua yang tidak memahami permasalahan yang dihadapinya dan masuk ke sekolah untuk menggantikannya.”

“Siapa tahu bisa membicarakan masalah tersebut dengan psikolog atau psikiater, karena psikolog punya cara tersendiri dalam mengungkapkan masalahnya agar seseorang, dalam hal ini anak-anak, bisa lebih nyaman,” ujarnya, Selasa, 17 Juli. 2023

Lanjutnya, dalam layanan konseling ini masyarakat dapat menghubungi secara online di 0813-9884-7460.

“Kami membeli secara gratis, ada layanan online dan offline. Untuk layanan online dapat menghubungi nomor telepon yang telah kami sediakan, dan untuk layanan offline pelamar dapat datang ke kantor Puspaga di Tangerang, Jalan KS Tubun, Gedung Cisadane Lantai 2, Tangerang,” ujarnya.

Mereka dapat memberikan konseling atau nasihat terkait dengan pengasuhan anak, masalah anak, masalah remaja dan keluarga. Selain itu juga tersedia kursus pendidikan umum, pranikah, dan anak berkebutuhan khusus.

“Layanan yang kami tawarkan beragam dan buka setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB secara cuma-cuma atau gratis,” ujarnya. Prabowo Akan Buka Sekolah Unggulan di Sumbar Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mengumumkan rencananya membuka sekolah unggulan di Sumatera Barat (Sumbar) sambil menyapa warga di pasar. kabarbin.com.co.id 9 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *