Februari 26, 2024

Liputan6.com, Kepala Otoritas Ibu Kota Indonesia (OIKN) DKI Jakarta Bambang Susantono menanggapi pernyataan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang mengancam akan melakukan mutasi Pegawai Negeri Sipil (ASN) atau PNS di Pemprov DKI Jakarta . DKI (Provinsi) Jakarta hingga ibu kota nusantara (IKN), Kalimantan Timur, yang salah.

Menurutnya, itu hanya lelucon. Bambang memastikan IKN tidak membuang ASN yang kinerjanya buruk. Bahkan, IKN akan memberikan fasilitas yang baik bagi ASN. “Itu yang kita minta, cuma bercanda. (IKN jadi tempat pembuangan sampah), iya, tidak. Kita ingin masyarakat yang pindah bilang, ‘Yah, pindah itu menyenangkan lho’. Semua fasilitas akan kita sediakan.” ..makin telat,” kata Bambang saat ditemui di Media Center Pro Pemerintah, di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2023). Daftar Kebutuhan PNS.

Selain itu, kata Bambang, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga telah menyiapkan daftar persyaratan yang dibutuhkan ASN di IKN.

“Tidak hanya kami, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga sedang mempersiapkan apa yang akan diberikan kepada ASN yang pindah,” ujarnya.

OIKN juga menjamin fasilitas yang diberikan kepada ASN akan lengkap mulai dari rumah sakit, tempat pendidikan, hingga restoran dan lainnya.

“Kami sendiri bertekad yang pindah itu fasilitasnya bagus, kami tidak membiarkan fasilitasnya tidak ada. Jadi, kami ingin sekali kalau ada yang pindah, ada rumah sakit, tempat pendidikan yang bagus kalau membawa anaknya, maka itu jadi tempat nongkrong” Begitulah kalau malam saya minum, cari pecel lele, bakso, ada macam-macam,” jelas Bambang Susantono.

Oleh karena itu, Pemerintah memberikan keistimewaan kepada ASN yang terpilih dan siap menjadi Pelopor untuk maju ke IKN dengan memberikan banyak fasilitas.

“Tentunya kita akan mencukupi kebutuhan sehari-hari mereka yang bergerak dan menjadi pionir, katanya (ASN yang pertama kali merantau ke IKN Nusantara) adalah pionir,” ujarnya.

Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mengaku memahami keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Negara Kepulauan (IKN) di Kalimantan Timur. Untuk itu, Ganjar konsisten mendukung keberlanjutan pembangunan IKN.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat mengunjungi IKN, Kamis (7/12/2023). Ganjar berjanji, jika terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) periode 2024-2029, ia akan mengundang seluruh presiden yang pernah menjabat untuk membahas pembangunan ibu kota negara.

“Pak Jokowi sangat dekat dengan beliau, bahkan beberapa kali sebelum keputusan kita bahas, setelah keputusan kita bahas lagi. Dan soal IKN, beliau mempunyai kepedulian yang luar biasa. Oleh karena itu, tanpa ingin berpura-pura apa pun, saya rasa saya cukup memahami apa yang disampaikannya untuk kita lengkapi, kata Ganjar kepada wartawan, Kamis.

Menurutnya, IKN telah dipersiapkan pemerintah Indonesia sejak lama, bahkan sejak masa presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Ganjar mengatakan, IKN Nusantara dirancang menjadi kota masa depan dengan teknologi maju. Semua itu merupakan mimpi atau visi yang hanya bisa terwujud jika seluruh elemen terlibat agar IKN Nusantara dapat memenuhi harapan masyarakat Indonesia.

“Kemajuan teknologi telah dihadirkan, kami ingin mendengarkan partisipasi masyarakat, dan semoga menjadi harapan Indonesia bersama bahwa inilah kota masa depan yang dirancang menjadi impian modernitas, kemajuan peradaban, serta serta bagaimana keadaan kita. bicara cita-cita anak bangsa,” kata Ganjar Pranowo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *