Maret 3, 2024

Garut – Bupati Garut Rudy Gunawan mewanti-wanti seluruh sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, agar tidak ada pungutan liar dalam penetapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD dan SMP.

Rudy Gunawan kepada media di Garut, Selasa 13 Juni 2023 mengatakan, “Tidak ada pembayaran PPDB di sekolah negeri hingga SMA. Jika ditemukan penggelapan, Saber Pungli akan mengambil tindakan untuk memperbaikinya sesuai undang-undang yang berlaku. ,” kata Rudy Gunawan kepada media di Garut, Selasa 13 Juni 2023.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Pendidikan akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam pengelolaan PPDB di sekolah dasar dan menengah.

“Iya, kita akan tingkatkan pengawasan di Kemendikbud, monitoring,” kata Rudy.

Ia mengatakan, Pemkab Garut juga telah membentuk satuan tugas pemberantasan pungutan liar (Saber Pungli) yang siap memantau dan menindak pihak-pihak yang terlibat penipuan.

Bupati meminta Tim Saber Pungli menindak tegas siapa pun, termasuk pihak sekolah yang melakukan pungli.

“Kami mohon tim Saber Pungli bisa bertindak. Mohon, kami juga akan mengirimkan tim Sabre Pungli dari Pemda Garut, untuk memantau dan memberi saran,” ujarnya.

Ia menambahkan, sekolah kerap meminta orang tua untuk membiayai perlengkapan sekolah seperti seragam.

“Selain belanja untuk anak-anak,” ujarnya.

Kehadiran kelompok Sabre Pungli yang mengawasi jalannya PPDB disambut baik oleh banyak warga Kabupaten Garut, karena akan mencegah praktik pungli di sekolah umum.

Salah satunya, Hendi, warga Tarogong Kidul, Garut, berharap Pemprov yang mengirimkan tim Saber Pungli bisa menindak tegas dan tegas pihak-pihak yang melakukan penipuan di PPDB.

“Kami selaku warga Garut dan orang tua siswa berharap tidak ada pengecualian, karena merugikan masyarakat,” ujarnya. (Nyerere) Petani Indonesia sebagian besar hanya mengenyam pendidikan dasar, Badan Pusat Statistik (BPS) melalui hasil Sensus Pertanian 2023 (ST2023) menyebutkan sebagian besar petani di Indonesia hanya mengenyam pendidikan dasar. kabarbin.com.co.id 4 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *