Februari 27, 2024

Jakarta – Pungli atau pungli merupakan salah satu permasalahan yang sudah lama dihadapi pemerintah. Keberadaan para pencuri tersebut sangat meresahkan para pengguna jalan, khususnya pengemudi truk.

Pungli di jalanan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mengaku sebagai petugas keamanan atau pejabat lainnya.

Mereka biasanya meminta uang kepada pengemudi untuk biaya keamanan, biaya perbaikan atau biaya tidak jelas lainnya.

Adanya pungutan liar sangat merugikan pengemudi, karena mereka harus mendapatkan sejumlah uang yang tidak seharusnya mereka keluarkan. Selain itu, pungli juga dapat mengganggu kelancaran lalu lintas dan menimbulkan suasana tidak aman.

Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial, dikutip kabarbin.com Otomotif dari laman Instagram @dramaojol.id, pada Rabu 27 September 2023, seorang sopir truk mengeluhkan banyaknya pungutan liar di salah satu ruas jalan di Bekasi.

Dalam video yang diunggah, terlihat beberapa pemuda berdiri di tengah jalan dan memberi isyarat dengan tangan untuk meminta sejumlah uang.

“Apa yang kamu lakukan, pemeras?” Anda ingin seribu, satu jari. Anda ingin dua ribu, dua jari. “Kalau mau lima ribu, cukup lima jari,” kata sopir truk dalam video tersebut.

Sopir juga mengeluhkan aparat tidak mengambil tindakan apa pun terkait pungli besar-besaran tersebut.

Dua meter satu, lima meter satu, jaraknya sudah tidak ada lagi. Tidak ada yang berani menangkap kami di sini,” ujarnya.

Banyak warganet yang mengomentari video yang viral tersebut.

“Yang kerja keras dan keluar keringat, yang punya modal coba gertak sambal,” ujar salah satu warganet.

“Dirumahku. “Jujur saja, setiap 2 meter dari Babeljan ada pungli,” sahut netizen lainnya. Sebuah mobil berwarna hitam viral melaju di jalan raya Jembatan Suramadu. Pengendara mobil kurang konsentrasi dan salah pekerjaan di Jembatan Suramadu kabarbin.com.co.id 10 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *