Februari 26, 2024

kabarbin.com World – Singapura, negara tetangga Indonesia, mencatatkan peningkatan kasus virus corona atau COVID-19.

Pada pekan tanggal 19-25 November, perkiraan jumlah infeksi lokal Covid-19 di Singapura meningkat dua kali lipat menjadi 22.094 dari 10.726 pada minggu sebelumnya, kata Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

Kementerian Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah meningkatnya kasus lokal Covid-19 dan peningkatan penyakit pernapasan di daerah beriklim sedang.

Mereka menambahkan, rata-rata kasus harian rawat inap dan unit perawatan intensif akibat Covid-19 tetap stabil.

Pada tanggal 27 November, varian virus EG.5 dan subvariannya HK.3 merupakan subvarian dominan secara lokal, mencakup lebih dari 70% kasus.

Peningkatan ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, kata Kementerian Kesehatan, termasuk musim perjalanan atau liburan akhir tahun dan berkurangnya kekebalan masyarakat. “Saat ini belum ada indikasi subvarian mayor lebih mudah menular atau menyebabkan penyakit lebih parah dibandingkan varian lain yang beredar,” jelas Kementerian Kesehatan, seperti dilansir The Straits Times, Senin 4 November 2023.

Sementara negara-negara di wilayah beriklim sedang seperti Tiongkok mengalami peningkatan kasus penyakit pernafasan, Kementerian Kesehatan mengatakan secara keseluruhan kejadian penyakit pernafasan di Singapura tetap stabil.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah melaporkan peningkatan aktivitas virus pernapasan, termasuk influenza dan virus pernapasan syncytial (RSV), di beberapa bagian Belahan Bumi Utara, kata Kementerian Kesehatan.

Dia menambahkan bahwa beberapa negara beriklim sedang telah melaporkan atau memperkirakan peningkatan jumlah penyakit pernafasan selama bulan-bulan musim dingin.

Insiden penyakit pernapasan pada anak-anak dan remaja meningkat di Tiongkok.

Pada tanggal 24 November, Tiongkok menyerukan kewaspadaan karena penyakit ini meningkat di sekolah dan rumah sakit, kemungkinan karena peredaran patogen pernapasan.

Menurut WHO, patogen ini umum terjadi dan termasuk influenza, RSV, Mycoplasma pneumoniae, dan adenovirus. Badan Kesehatan Global juga mencatat bahwa tren peningkatan di awal musim dingin ini bukanlah hal yang tidak terduga.

Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan vaksinasi anti Covid-19.

Dosis tambahan direkomendasikan sekitar satu tahun setelah dosis vaksin terakhir untuk orang berusia 60 tahun ke atas, orang yang lemah secara medis, dan penghuni fasilitas perawatan lansia, kata kementerian.

Ia menambahkan, anak-anak berusia enam bulan ke atas dianjurkan untuk mengonsumsi dosis tambahan, terutama bagi petugas kesehatan dan pengasuh orang-orang yang rentan.

Vaksin gratis ini tersedia di pusat pemeriksaan dan vaksinasi bersama, klinik kesiapan kesehatan masyarakat, dan poliklinik terpilih di seluruh Singapura.

Masyarakat juga harus menjaga kebersihan pribadi dan mengambil tindakan pencegahan saat bepergian, kata Kementerian Kesehatan, seraya menambahkan bahwa mereka yang merasa tidak sehat harus memakai masker dan meminimalkan interaksi kerja dan sosial.

Kementerian menambahkan bahwa mereka memantau dengan cermat situasi global dan lokal. Kasus Covid-19 Meningkat, Gibran Bergerak Sendiri Menuju Mitigasi Meski Total Kasus Covid-19 di Ibu Kota Meningkat, Rawat Inap Terkait Covid-19 Tak Naik kabarbin.com.co.id 9 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *