Februari 28, 2024

Australia – Sepeda motor listrik sedang menjadi topik hangat di industri sepeda motor, dan perusahaan sepeda motor Kawasaki pun tidak mau ketinggalan.

Mereka berhasil lolos sertifikasi CE di Australia beberapa pekan lalu, dan disebut-sebut bersiap meluncurkan dua sepeda motor listrik, Ninja E-1 dan Z E-1, di pasar Eropa dalam beberapa bulan ke depan.

Dilansir kabarbin.com Otomotif dari laman Bikesrepublic, Rabu 20 September 2023, Kawasaki yang terkenal dengan mesin pembakaran internalnya memasuki dunia sepeda motor listrik dengan dua model.

Ninja E-1 dan Z E-1 memiliki desain yang berbeda; Ninja E-1 menggunakan full fairing, sedangkan Z E-1 menggunakan motor non-fairing. Keduanya sama-sama memiliki performa yang sama dengan motor 125cc sehingga membutuhkan SIM A1 Eropa.

Kedua model tersebut memiliki dinamo 5 Watt yang mampu menyalurkan tenaga 9 kW setara 12,1 tenaga kuda, dan torsi 40,5 Newton meter.

Keduanya juga memiliki baterai yang dapat dilepas, dengan total kapasitas baterai hingga 60Ah. Ini memberi mereka kapasitas penyimpanan energi sebesar 3024 kW, dengan tegangan pengenal 50,4V.

Tergantung jaraknya, keduanya bisa mencapai 61,7 kilometer sekali pengisian daya dengan konsumsi energi rata-rata 49Wh per kilometer.

Namun, selama tes WMTC Fase 1, Kawasaki mengatakan mereka dapat mencapai kecepatan tertinggi 72 km/jam dengan sekali pengisian daya. Waktu pengisian daya dari 0 hingga 100 persen membutuhkan waktu sekitar 3 jam 42 menit.

Kedua model juga memiliki desain serupa dengan rangka dan suspensi teralis logam yang sama. Keduanya menggunakan sistem rem depan dan belakang.

Dari segi spesifikasi, Ninja memiliki bobot 140 kg, sedangkan Z lebih ringan yakni 135 kg, keduanya memiliki panjang 785 mm dan perpindahan mesin 1.370 mm. Z juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi, yakni 170 mm.

Selain itu, kedua model memiliki dua mode berkendara standar: Eco dan Highway, yang memungkinkan pengurangan kecepatan. Kawasaki diperkirakan akan secara resmi memperkenalkan kedua model tersebut pada EICMA SHOW 2023, yang diharapkan sudah tersedia di pasaran sebelum awal tahun. Harga Sepeda Motor Listrik Subsidi Mulai Rp 5 Jutaan, Berikut Syarat dan Daftar Lengkapnya. Saat ini ada 6.712 permohonan hibah yang menunggu keputusan. kabarbin.com.co.id 8 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *