Februari 25, 2024

JAKARTA – Kepala NASA Bill Nelson mengatakan NASA siap bekerja sama dengan ISRO untuk membangun stasiun luar angkasa India.

Seperti diberitakan Wion News, pernyataan itu disampaikan Nelson pada Kamis (30/11/2023) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar di Washington.

Nelson mengatakan kerja sama antara NASA dan ISRO akan bermanfaat bagi kedua negara. Kerja sama ini akan memungkinkan kedua negara untuk berbagi teknologi dan pengalaman dalam membangun dan mengoperasikan stasiun luar angkasa.

Jaishankar menyambut baik pernyataan Nelson. Ia mengatakan India siap bekerja sama dengan NASA untuk membangun stasiun luar angkasa.

Stasiun luar angkasa India yang diberi nama Gaganyaan rencananya akan diluncurkan pada tahun 2025. Ini akan menjadi stasiun luar angkasa pertama di India.

Kolaborasi antara NASA dan ISRO ini merupakan langkah positif dalam hubungan bilateral kedua negara. Kerja sama ini akan memperkuat kerja sama kedua negara di bidang antariksa dan teknologi.

Berikut beberapa potensi manfaat kolaborasi NASA dan ISRO untuk membangun stasiun luar angkasa India:

Pertukaran teknologi dan pengalaman. NASA memiliki pengalaman luas dalam membangun dan mengoperasikan stasiun luar angkasa. ISRO bisa belajar dari pengalaman NASA dalam membangun Gaganyaan.

Memperluas kerja sama bilateral. Kolaborasi ini akan memperkuat kerja sama bilateral antariksa dan teknologi antara NASA dan ISRO.

Meningkatkan potensi penelitian dan pengembangan. Kerja sama ini akan membuka peluang baru bagi penelitian dan pengembangan luar angkasa.

Kami berharap kerja sama antara NASA dan ISRO ini dapat membawa manfaat bagi kedua negara dan masyarakat internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *