Februari 26, 2024

kabarbin.com Showbiz – Aktris dan usatazah Oki Setiana Dewi bercerita tentang pengalamannya berdakwah di Inggris. Bukan hanya Oki saja yang berangkat ke Eropa untuk berdakwah bersama tiga pendakwah asal Jawa Barat lainnya.

Selama sepuluh hari, Oki mengunjungi berbagai tempat dengan misi mulia khususnya mengenai Islam di Indonesia.

“Jadi perjalanan kemarin ke Inggris berlangsung pada tanggal 15-25 November 2023, saya bersama tiga orang pendeta lain dari Jawa Barat. Oleh karena itu, Pak Ridwan Kamil membuat program bernama English For Ulama yang mengirimkan mubaligh asal Indonesia untuk berceramah di Inggris, Amerika dan negara lainnya. “Negara lain berbicara bahasa Inggris. Saya tidak sengaja ditugaskan untuk memberi kuliah di Inggris,” kata Oki Setiana Dewi saat dihubungi awak media, Selasa, 28 November 2023.

“Dalam sepuluh hari kami berada di sana, kami mengunjungi parlemen, mengunjungi penjara, universitas, sekolah dan komunitas Muslim lainnya untuk membicarakan seperti apa Islam di Indonesia dan seperti apa pesantren di Indonesia. Kami menghadirkan wajah masyarakat Indonesia yang ramah, sopan, dan toleran. Dia menambahkan Islam ke dunia internasional.

Selama berdakwah di Inggris, Oki mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga, khususnya tentang agama Islam.

Di sana Oki juga bertemu dengan anggota Parlemen Inggris. Oki mengatakan Indonesia adalah negara yang menghormati kebebasan beragama.

“Ada hal menarik yang terjadi kemarin saat kami ngobrol dengan menteri yang bertanggung jawab di bidang kebebasan beragama bernama Fiona Bruce, agar kami bisa bercerita tentang konsep Indonesia,” kata Oki.

“Kita punya Bhinneka Tunggal Ika, ada Pancasila dengan persatuan Indonesia, jadi di sana dia juga kaget negara seperti Indonesia ini sangat memperhatikan keberagaman, namun bersatu, punya semangat berbeda namun tetap satu jiwa,” ujarnya. . lanjutan.

“Kami juga berdakwah di kampus, memberikan presentasi dan kemudian melihat bagaimana rasanya berdakwah di penjara. Kami tidak hanya mengunjungi London, tetapi juga Manchester, Birmingham, juga Oxford dan Cambridge. Dan Alhamdulillah memperkaya pengalaman saya untuk berdakwah dengan lebih cerdas dan baik,” jelas Oki.

Ini bukan pertama kalinya Oki dikirim ke luar negeri untuk berdakwah. Pada tahun 2017, Oki juga melakukan perjalanan ke Jerman dan Australia.

“Program seperti ini bukan yang pertama kali dilakukan, karena pada tahun 2017 saya juga pernah dikirim pertukaran ke Jerman dan Australia dengan program serupa yaitu interfaith dialog yang dilanjutkan dengan kunjungan ke berbagai komunitas agama lain, tidak hanya Islam tetapi yang lain juga. masyarakat secara religius. Itu sebabnya saya senang mengambil kesempatan ini. “Kunjungan ke Inggris merupakan sebuah pengalaman bagi saya. Saya berharap kedepannya saya bisa menjadi dai yang lebih baik dan berdakwah lebih baik lagi,” kata Oki. Cak Imin tidak punya masalah dengan perbandingan: kami punya pengalaman dan tumbuh dari bawah ke atas. Menurut Cak Imin, seseorang hanya bisa dinilai dengan menunjukkan fakta pengalaman menjadi pemimpin. kabarbin.com.co.id 8 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *