Februari 28, 2024

JAKARTA – Sepeda motor trail semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia pecinta aktivitas off-road. Terkadang kendaraan roda dua model petualangan juga digunakan sebagai kendaraan sehari-hari.

Biasanya sepeda motor trail digunakan oleh pengendara yang sehari-harinya menggunakan jalan raya dan juga menggunakan jalur off-road yang dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerjanya. Saat berkendara di jalan dengan ban ganda, teknik yang tepat juga diperlukan dalam mengendarai sepeda motor.

Pengendara sepeda motor perlu memperhatikan beberapa hal untuk menunjang kelancaran berkendara, berikut beberapa tips dari main dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu):

1. Periksa apakah sepeda motor dalam kondisi baik untuk dikendarai, termasuk rem, lampu, mis. depan, belakang, lampu arah, lampu hazard. Suku cadang sepeda motor ini mempunyai peranan penting dalam memudahkan berkendara sehingga perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

2. Memakai perlengkapan keselamatan wajib seperti helm, sepatu tertutup, jaket, celana, sarung tangan. Bawa juga surat izin mengemudi seperti SIM dan STNK.

3. Lakukan riding position yang benar, gaya riding yang cocok untuk berkendara, misalnya teknik berbelok dilakukan dengan tinggal bersama sepeda (badan pengendara sejajar dengan motor). Atau bila perlu melakukan teknik peregangan yang tidak terlalu banyak (badan terlalu jauh dari badan motor).

4. Mengatur penggunaan setang atau setang lebar pada jalur sepeda. Relakskan lengan dengan posisi duduk yang menyesuaikan dengan tinggi badan, hindari melangkah terlalu jauh ke depan atau ke belakang. Hindari tergelincir di antara kendaraan yang berdekatan agar tidak terjebak.

5. Perhatikan kondisi ban dari segi ketebalan ban agar cocok dan ideal untuk digunakan di jalan raya, serta tekanan udara pada ban sesuai ukuran yang dianjurkan. Kecepatannya disesuaikan dengan kondisi jalan.

Hindari pengereman mendadak dan keras karena ban serba guna tidak sepenuhnya cocok untuk berkendara di jalan raya dan memiliki traksi yang lebih kecil dibandingkan ban khusus jalan raya. Menyesuaikan kecepatan seperti ini bisa mempengaruhi cengkeraman ban.

6. Hati-hati saat musim hujan saat jalanan licin. Kurangi kecepatan dan perpanjang jarak berhenti atau pengereman. Kenakan celana dan jas hujan saat berkendara di musim hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *