Februari 27, 2024

kabarbin.com Tekno – Kemarin, akun YouTube DPR Indonesia diretas oleh orang tak dikenal. Peretasan tersebut ditandai dengan postingan video yang menampilkan permainan judi.

Rekening diambil pada pukul 05:06 WIB. DPR-CSIRT (Tim Darurat Komputer) kemudian memberitahukan NAT-CSIRT BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) dan Google Indonesia untuk memulihkan akun tersebut.

Menurut Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra, NAT-CISRT BSSN telah menggarap acara dan pemanfaatan keadilan digital dengan menggunakan beberapa tools yang digunakan oleh operator media sosial DPR RI.

Dalam keterangan resminya, mereka mengatakan: “Berdasarkan hasil pencarian, terdapat indikasi ditemukannya file malware dan file hacktool pada perangkat tersebut. File-file tersebut telah diserahkan kepada tim analisis software BSSN untuk dianalisis.” , Kamis, 7 September 2023.

NAT-CSIRT memberikan rekomendasi mitigasi dan pemulihan pasca BSSN serta penguatan sumber daya penempatan.

Hingga Rabu pukul 11.00 WIB, aktivitas peretasan akun Youtube DPR RI terhenti. Selang beberapa waktu, akun tersebut disuspend sementara oleh Google atas permintaan DPR RI.

Kemudian pada tanggal 6 September pukul 20.30, akun tersebut dipulihkan, meskipun tidak lengkap. Pada Kamis, sekitar pukul 08.00 WIN, Google berupaya memulihkan sepenuhnya akun YouTube DPR RI.

“Dalam masa pemulihan, akun YouTube DPR RI disuspend sementara oleh pengelola media sosial,” jelasnya.

Selain itu, akan dibentuk kelompok multi-stakeholder untuk memperkuat DPR-CIRST yang akan memperkuat langkah-langkah keamanan dan langkah-langkah teknis pemulihan bencana.

BSSN dan DPR-CSIRT telah berkoordinasi dengan Bareskrim Polri guna memantau kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Google Luncurkan Gemini, Model AI yang Kuat Google telah resmi merilis model kecerdasan buatan (AI) yang kuat bernama Gemini. AI yang dikembangkan Google ini disebut-sebut akan bersaing dengan ChatGPT. kabarbin.com.co.id 10 Desember 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *