Februari 27, 2024

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes R) menyiapkan layanan pencegahan COVID menjelang mudik jelang Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Keamanan Layanan

Persiapan pelayanan vaksinasi COVID-19 pada Natal 2024 di atas disampaikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pembangunan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendi.

Layanan perlindungan imigrasi Nataru juga bekerja keras mendeteksi penyebaran COVID pasca lonjakan kasus di Indonesia.

Pada Senin, 11 Desember 2023, Muhadir menyampaikan di Gedung Negara Jakarta, apa yang akan disiapkan Kementerian Kesehatan untuk membuka (layanan) vaksinasi non vaksinasi (primer) dan booster.

“Sekarang kami akan menyiapkan 143 dokumen lagi untuk dikembalikan ke Kementerian Kesehatan bersama kebijakan tersebut,” ujarnya. Jangan terlalu khawatir

Melihat lonjakan kasus COVID-19 menjelang Natal, Muhadir mengimbau masyarakat tidak perlu terlalu khawatir. Yang terpenting, masyarakat diharapkan menaati protokol kesehatan dan mengetahui penularan virus corona

Muhjir Effendi mengatakan, “Yang terpenting adalah para traveller, masyarakat yang berwisata saat Natal sadar akan COVID-19.”

Baiknya tetap mengikuti protokol kesehatan, namun jangan terlalu khawatir, santai saja di hari raya, puja akan tetap berjalan seperti biasa. “

Di Indonesia, COVID-19 sudah memasuki fase epidemi, namun situasi tersebut tidak berarti penyakit pernafasan ini sudah hilang dari dunia.

Muhjir Effendi menyimpulkan: “COVID-19 itu ada, itu epidemi dan yang pasti COVID-19 tidak akan bisa diberantas sepenuhnya”.

Jelang Natal 2024, Kementerian Kesehatan meminta pemerintah daerah memastikan ketersediaan vaksin dan perbekalan lainnya.

Pemerintah setempat juga memastikan bahwa warganya mendapat informasi yang baik tentang di mana mereka dapat mengakses layanan untuk mencegah COVID-19.

Sebagai upaya pencegahan, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan masyarakat, seperti: Bagi penderita batuk dan pilek, agar segera menjalani tes COVID-19. Jika hasilnya positif, lakukan sendiri dan ikuti telemedicine sesuai arahan Kementerian Kesehatan. Gunakan masker saat sedang flu atau saat berada di tempat ramai atau tempat umum. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir Vaksinasi sudah selesai hingga booster kedua Penangguhan perjalanan di wilayah tersebut menunjukkan bayangan COVID-19

Menteri Kebudayaan dan Pembangunan Kebudayaan Muhadir Effendi mengatakan, sekitar 107,63 juta orang melakukan perjalanan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jumlah ini meningkat 143 persen sejak 2022/2023

Dalam Rapat Perencanaan Tingkat Menteri (RTM), dia menyampaikan, penerbangan pulang pergi libur Natal 2023 diperkirakan akan dilakukan pada 22-23 Desember 2023 dan 26-27 Desember 2023. Dalam rangka Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Ruang Rapat 14 Kantor Kementerian Kebudayaan dan Pembangunan Kebudayaan, Senin (12/11/2023).

Sementara itu, anjloknya mudik pada libur Tahun Baru diperkirakan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan 1-2 Januari 2024.

2023/2024 untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat musim Natal khususnya bagi masyarakat sekitar Jabodetabek.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan juga memberikan tumpangan gratis pada libur Natal 2023/2024 dengan menggunakan 90 bus dan 120 sepeda motor yang akan diangkut dengan 4 truk dengan target mengangkut 3600 penumpang lebih.

Dengan disediakannya angkutan gratis ini diharapkan dapat meringankan beban warga serta mengurangi kecelakaan dan kecelakaan tak terduga yang terjadi selama perjalanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *