Februari 27, 2024

Jakarta – Profesor. Hikmahanto Juwana terpilih menjadi salah satu panelis debat ketiga Pilpres 2024. Ia merupakan Guru Besar UI yang saat ini menjabat Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani (Unjani).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memilih 11 panelis yang akan mengangkat topik keamanan dan pertahanan pada debat ketiga Pilpres 2024.

Kesebelas nominasinya adalah:

1. Profesor. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Keamanan Internasional, Masyarakat dan Politik, Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, spesialis kajian industri pertahanan dan transfer teknologi di Binus University)

3. Profesor. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Indonesia) 4. Profesor. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. Saya Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Pakar Aspek Geospasial Hukum Kelautan Universitas Gadjah Mada)

6.Dr. lan Montratama (Dosen Program Hubungan Internasional, Pakar Pertahanan dan Keamanan, Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Lembaga Penelitian Politik Lembaga Riset dan Inovasi Nasional)

8.Dr. Kusnanto Anggoro (Spesialis Keamanan Universitas Pertahanan) 9. Wakil TNI (Purn) Guru Besar. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Profesor Universitas Pertahanan) 10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. SSI, MT, MSSI. (Han) (Guru Besar Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

Baca juga: Ikut Panel di Debat Ketiga Pilpres 2024, Ini Laporan Profesor UI Evi Fitriani

Prof. Profil Hikmahanto Juwana

Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D., adalah guru besar Hukum Internasional pada Fakultas Hukum Internasional.

Setelah menyelesaikan studi sarjananya di Fakultas Hukum UI pada tahun 1987, Hikmahanto melanjutkan studi Magister Hukum Internasional di Fakultas Hukum Universitas Keio pada tahun 1992.

Dikutip dari laman FHUI Hikmahanto Juwana menerima gelar Doctor of Philosophy dari University of Nottingham Law School pada tahun 1997.

Pria yang sudah banyak menerbitkan majalah ini terpilih menjadi pengurus terakhir FHUI pada tahun 2004. Selain itu, Hikmahanto juga mengajar hukum di universitas terkemuka di Indonesia.

Sebagai asisten profesor di Universitas Melbourne, Universitas Nasional Singapura dan Universitas Nagoya di Jepang, beliau memiliki pengalaman luas dalam komunitas.

Baca Juga: Profil HI BINUS Curie Curie Maharani Savitri pada Debat Ketiga Pilpres 2024

Diantaranya menjadi Staf Ahli pada Kejaksaan Agung RI (14 Januari 2020-2021), Anggota Kelompok Pakar BNPT pada Departemen Hukum Internasional (1 Agustus 2016-31 Agustus 2017) , Anggota Pers Akademik. Kelompok Penyusun Perubahan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1997 tentang Tenaga Nuklir dan Tenaga Kerja Menteri Tenaga Ahli pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2001.

Prof. Hikmahanto juga memiliki pengalaman profesional karena keahlian dan keterampilannya di bidang hukum: Komisaris Independen Unilever Indonesia (2011 – 2021), Anggota Direksi Bank Indonesia (Maret 2017-Juli 2020), Komisaris Independen PT Aneka Tambang. Tbk (Mei 2009-Mei 2017), PT Komisaris Independen di Tugu Reasuransi Indonesia (2008-2012).

Prof. Hikmahanto saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) sejak 17 April 2020. Unjani berstatus perguruan tinggi swasta dan memiliki dua kampus di Cimahi dan Bandung di Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *